Temukan Dugaan Pelanggaran Pemilu, TKN Prabowo-Gibran Resmi Buat Laporan ke Bawaslu Jawa Timur

refubliknews.com,- Jakarta | Buntut adanya temuan dugaan pelanggaran Pemilu 2024, Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran tengah membuat laporan secara resmi ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) di Jawa Timur.

“Kalau yang di Jawa Timur hari ini juga kami membuat laporan resmi ke Bawaslu di Jawa Timur. Kalau yang di Jawa Tengah, kami masih mengumpulkan bukti dan saksi, paling lambat dihari Selasa sudah masuk laporannya,” ucap Wakil Komandan Tim Hukum TKN Prabowo-Gibran, Habiburokhman, di Media Center TKN Prabowo-Gibran di Jalan Sriwijaya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, pada Minggu 28 Januari 2024.

Ia mengatakan, pihaknya akan menyerahkan pemeriksaan kasus tersebut ke Bawaslu ataupun Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu yang juga mengawasi tahapan pemilu.

“Nanti biarkan saja Bawaslu atau DKPP yang bekerja untuk mencari siapa yang melakukan, mereka punya perangkat untuk informasi itu,” katanya.

Menurutnya, saat ini pihaknya belum bisa membuka informasi dugaan pelanggaran secara detail. Namun, bukti serupa rekaman video yang ada bisa menjadi informasi awal untuk Bawaslu Jawa Timur.

“Kalau yang di Jawa Timur kan tadi jelas video dan fotonya, serta kita ambil juga langsung dari website-nya KPU di Jember,” ujar Habiburokhman.

Sebagai informasi, TKN Prabowo-Gibran mengaku mendapatkan informasi adanya penyelenggara pemilu yang diduga secara terang-terangan menunjukkan gestur dukungan ke paslon tertentu.

Informasi itu, lanjut dia, diketahui terjadi pada Senin 22 Januari 2024. Dimana Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jember menggelar acara Rapat Koordinasi dan Training of Trainer (ToT) kepada Petugas Pemilih Kecamatan (PPK) dan Petugas Pemungutan Suara (PPS) se-Kabupaten Jember di Hotel Cempaka.

Dalam video yang diputar dan dilihat, terdapat dugaan anggota KPPS yang memeragakan gestur tangan simbol metal atau gestur bentuk tiga jari.

“Kami mendapatkan sejumlah foto dan video terkait kasus tersebut. Jawa Tengah dan Jawa Timur adalah dua Provinsi yang jumlah pemilihnya sangat banyak, dan selama ini selalu menjadi penentu kemenangan bagi pemenang pemilu,” ungkapnya.

RN/raffa christ manalu/red

Pos terkait