Songsong Pilkada 2024, Tiga Partai Politik di Purwakarta Deklarasikan Koalisi

refubliknews.com,
Purwakarta | Menyongsong Pilkada Purwakarta 2024, DPC PDI Perjuangan, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) mendeklarasikan koalisi menghadapi pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Purwakarta 2024, dikantor DPC PDIP, Jalan Ahmad Yani, Kelurahan Cipaisan, Purwakarta, pada Selasa 23 April 2024.

Pada kegiatan deklarasi tersebut, terlihat hadir Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Purwakarta, Sutisna, Ketua Partai Hanura, R. Priyatna Kusuma dan Ketua PPP, Anut Ganda, serta para pengurus masing-masing partai politik.

Agenda tersebut juga diisi dengan penandatanganan nota kesepahaman dari tiga partai politik yang di tanda tangani oleh ketua dan sekretaris masing-masing partai.

Ketua DPC PDI Perjuangan Purwakarta, Sutisna mengatakan, bahwa deklarasi ini merupakan kerjasama tiga partai politik dalam penyamaan visi dan misi dalam kontestasi Pilkada atau pemilihan calon bupati dan calon wakil bupati Purwakarta periode 2024-2029.

Sutisna juga menyebut, bahwa koalisi tiga partai ini terbentuk melalui proses komunikasi yang telah lama terbangun dengan berbagai dinamika yang ada.

“Kami bersama-sama mengucap syukur alhamdulillah, kerjasama politik ini sebetulnya bukan hari ini saja kita diskusikan, dan hari ini kita sepakat untuk menandatangani itu,” kata Sutisna, dikutip pada Rabu 24 April 2024.

Menurutnya, tiga partai politik yang menjadi sebuah mentor yang kemudian secara bersama telah sepakat untuk membuka ruang untuk partai lain yang ingin berkoalisi. Dia menyampaikan bahwa koalisi ini belum diberi nama.

“Insyaallah, nama nanti dirumuskan. Dalam waktu dekat ini kita juga akan ketemu lagi, ya minimal untuk kedepannya khususnya di Pilkada 2024-2029 Purwakarta berganti, bersih, gaya, aman dan terintegritas,” ujarnya.

Dalam deklarasi ini, lanjut Sutisna, belum ada pembahasan tentang siapa calon yang bakal diusung di Pilkada 2024.

“Kita tidak berbicara calon, karena hari ini kita di PDI Perjuangan. Itu nanti urusan DPD dan DPP. Kita hanya menjaring, dan insyaallah sahabat-sahabat kita PPP dan Hanura belum menjaring,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua DPC Hanura Kabupaten Purwakarta, R. Priyatna Kusuma menambahkan, bahwa dalam waktu dekat Hanura akan segera membuka pendaftaran atau penjaringan bakal calon.

Artinya, lanjut dia, agar calon-calon yang telah terjalin oleh tiga partai ini bisa kita usulkan ke pimpinan partai masing-masing.

“Apabila hanya ada di PDIP, dia tidak akan terakomodir lebih lanjut. Karena tidak ada di tiga partai ini, artinya calon harus yang ada dari tiga partai,” ujar Priyatna.

Ia juga menyebut, bahwa yang paling penting adalah koalisi ini memenuhi syarat 20% kursi legislatif untuk mengusung calon bupati dan wakil bupati Kabupaten Purwakarta.

“Makanya, kami sepakat bahwa koalisi ini adalah koalisi partai politik tanpa calon, yang penting kita memenuhi syarat 20 persen,” ucapnya.

Senada dengan Priyatna, Ketua DPC PPP Kabupaten Purwakarta, Anut Ganda menyampaikan, bahwa pihaknya dalam waktu dekat ini segera melakukan penjaringan dan pendaftaran bakal calon.

“Kalau kemaren teman-teman PDIP sudah menutup pendaftaran. Jadi, nanti kami juga akan sama-sama dengan Hanura membuka pendaftaran,” ungkapnya.

RN/raffa christ manalu/red

Pos terkait