Telah Hadir, Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Bergerak di Bidang Pendidikan Non Formal di Wilayah Jakarta Utara

refubliknews.com,
Jakarta,-

Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) MBUN Mitra Guru Nusantara adalah lembaga yang di bentuk oleh masyarakat dan untuk masyarakat yang bergerak dalam bidang pendidikan Non Formal. PKBM ini masih di bawah pengawasan dan bimbingan dari Dinas Pendidikan Nasional. Rabu (15/3/2023)

Suparno Al Slamet S.Pd adalah selaku Kepala Sekolah PKBM MBUN Mitra Guru Nusantara. PKBM MBUNberdiri sejak bulan Januari 2006 terletak di Jalan. Tipar Cakung no.1.Komp. Masjid Al Araf, Kelurahan Sukapura, Kecamatan Cilincing. Jakarta Utara.

Awalnya saya mendirikan dan merintis sekolah PKBM MBUN di berbagai wilayah, tujuannya adalah untuk membantu teman-teman, lalu saya mendirikan Yayasan Baby sister, Pembantu, setelah itu saya fokus ke masalah pendidikan.”jelas Selamet kepada para awak media.

Pendidikan Non Formal adalah pendidikan kesetaraan paket A,B,C, setara SD, SMP, SMA. Alhamdulillah dengan keterampilan-keterampilannya bisa exis sampai sekarang, bahkan PKBM MBUN Mitra Guru Nusantara telah mampu melewati masa-masa pandemi. Terutama saya gerakan teman-teman untuk tidak bermalas-malas, banyak mengeluh, yang cenderung masyarakat tersingkirkan, akibatnya ekonominya lemah.

Walaupun Non Formal, PKBM MBUN Mitra Guru Nusantara ini setara keberadaannya, terakreditasi B, kemudian banyak teman-teman juga lulusan PKBM MBUN Mitra Guru Nusantara ini yang sudah bekerja di semua instansi pemerintahan maupun swasta.”tutur Slamet.

“Tujuan saya mendirikan PKBM ini adalah, untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM), dimana banyak sekali masyarakat yang kurang mampu, sedangkan anak-anaknya butuh pendidikan, banyak anak-anak korban perceraian kedua orang tuanya, mereka ingin sekolah tapi orang tuanya tidak mampu.Jadi saya punya kewajiban untuk mengangkat keluarganya untuk perbaikan ekonomi.Disini juga tersedia pendidikan seperti program Pendidikan Kecakapan Kerja (PKK), keterampilan komputer dan pendidikan lainnya.

Kami juga menerima siswa-siswi dari kalangan manapun dan dari golongan apapun, kami tidak membeda-bedakan. Semua kami terima dalam wadah PKBM MBUN Mitra Guru Nusantara. Saya berharap kepada semua orang tua bisa menyekolahkan anak-anaknya disini, jangan pernah takut, karena semua alumni PKBM sudah pada berhasil.”tandas Slamet.

“Harapan saya kepada pihak pemerintah ataupun di luar pemerintahan, barangkali ada donatur yang ingin membantu PKBM MBUN Mitra Guru Nusantara ini kami terima. Karena selama 17 tahun, masyarakat sudah mempercayakan kepada kami, dan itu akan kami kembangkan dengan management- management yang lebih handal lagi.”tutup Slamet.

RN/Umayah Handayani/red

Pos terkait