Masyarakat Cisaat Apresiasi Program BSMSS Kodim 0619/Purwakarta

refubliknews.com,-Purwakarta | Warga masyarakat Desa Cisaat, Kecamatan Campaka, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat sangat mengapresiasi kegiatan Bakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa (BSMSS), Kodim 0619/Purwakarta Tahun 2024.

“Atas nama pemerintahan desa dan masyarakat Cisaat, kami sangat mengapresiasi dan bangga atas kegiatan ini. Terima kasih kami ucapkan kepada Pak Dandim dan Pj Bupati Purwakarta. Semoga kegiatan ini bermanfaat bagi kemajuan pembangunan desa,” ucap Kades Cisaat, Ahya, pada Jumat 3 Mei 2024.

Pelaksanaan kegiatan BSMSS kali ini melakukan pekerjaan, diantaranya penebalan jalan sepanjang 520 meter, dengan lebar 4,5 meter dengan beton K350 dengan ketebalan 20 cm. Pembangunan drainase sepanjang 435 meter, dan gorong-gorong ukuran 40×40 cm sepanjang 6 meter.

Agenda kegiatan tersebut turut dihadiri Pj Bupati Purwakarta, Benni Irwan, Dandim 0619/Purwakarta, Letkol Arm Andi Achmad Afandi, Kasdim 0619/Purwakarta, Mayor Arm Sulkhan, Kapolsek Campaka, AKP Asep Nugraha, serta Pasi dan Danramil se-Purwakarta.

Sementara dari lingkup Pemkab Purwakarta, hadir Asda 1 Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Rahmad Heriyansah, Kepala DPMD, Jaya Pranolo, Kepala Diskominfo, Rudi Hartono, dan para Camat dan Kades se-Kecamatan Campaka.

Dalam sambutannya, Dandim 0619/Purwakarta,Letkol Arm Andi Achmad Afandi menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Purwakarta, karena program ini dianggarkan oleh Pemkab. Program BSMSS ini bertujuan untuk mendukung program teritorial yang dilaksanakan oleh TNI Angkatan Darat.

“Seperti kita ketahui bersama bahwa sistem pertahanan negara kita itu masih menggunakan ataupun mengacu ke sistem pertahanan rakyat semesta. Ketika perang terjadi, bukan hanya tentaranya yang berperang tetapi warganya juga ikut maka saat ini Menteri Pertahanan membuat program Komcad sebagai alat cadangan pertahanan negara,” kata Andi.

Ia juga menjelaskan, tujuan BSMSS ini dilaksanakan untuk kemanunggalan TNI dan rakyat. Hal itu busa dilihat bagaimana kerjasama antara TNI dengan masyarakat. Dalam BSMSS ini pekerjaan yang dilaksanakan diabtaranya penebalan jalan sepanjang 520 meter dengan tebal 20 cm, pembangunan drainase sepanjang 435 meter dan gorong-gorong ukuran 40×40 meter.

“Diharapkan setelah pekerjaan ini selesai mampu meningkatkan citra positif untuk TNI serta Pemkab Purwakarta, dan juga meningkatnya rasa nasionalisme yang dimiliki oleh masyarakat Purwakarta,” ujarnya.

Sementara itu, Penjabat Bupati Purwakarta, Benni Irwan mengungkapkan apresiasinya kepada jajaran Kodim 0619/Purwakarta.

“Secara khusus kami dari pemerintah daerah Kabupaten Purwakarta sangat senang sekaligus merasa bangga dan memberikan apresiasi atas terlaksananya kegiatan BSMSS Kodim 0619/Purwakarta ini,” ujar Benni Irwan.

Menurutnya, melalui kegiatan BSMSS ini akan kembali menciptakan semangat bergitong royong, silaturahmi, membangun sesuai dengan pepatah mengatakan, berat sama dipikul, ringan sama di jingjing.

“Semangat inilah yang hadir sesungguhnya dalam pelaksanaan BSMSS, yakni kegotong royongan antara pemerintah daerah dibantu oleh TNI, masyarakat setempat, dan pihak-pihak terkait lainnya,” tuturnya.

Benni berharap, pola-pola kerjasama seperti ini akan terus berlanjut, tidak hanya untuk kegiatan yang sifatnya infrastruktur saja, tapi juga untuk bidang-bidang pembangunan lainnya, seperti bersama-sama untuk mengurangi angka kemiskinan, menekan angka stunting, mengurangi angka pengangguran terbuka.

Pemerintah, kata Benni, tidak bisa jalan sendiri harus bersama-sama dengan elemen-elemen pembangunan yang lain.

“Saya berharap ini bisa tetap dijaga semangat-semangat kebersamaan, persatuan dan kekeluargaan ini dijaga. Pola-pola seperti ini bisa kita laksanakan juga nanti diwilayah-wilayah yang lain, kita akan kembali petakan berbagai kebutuhan maayarakat didaerah yang lain dan kita laksanakan dengan pola-pola seperti ini,” harapnya.

RN/raffa christ manalu/red

Pos terkait