Sosialisasi Kanker Serviks Bagi Masyarakat Jakarta Utara

refubliknews.com,
Jakarta,-
Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara berkolaborasi dengan RS Premier Jatinegara, Bank DKI, dan Baznas Kota Administrasi Jakarta Utara menyelenggarakan kegiatan Seminar Awam Nasional Tentang Kanker Serviks dan Penanganan Sakit Jantung yang bertemakan “One Heart, One Blood, One Care” di Ruang Bahari, Kantor Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara, Kamis (1/9).

“Kegiatan ini sebagai wadah untuk mengedukasi warga mengenai pentingnya melakukan deteksi dini kanker serviks sekaligus edukasi tentang pertolongan pertama pada penanganan sakit jantung. Dikarenakan hari ini juga bertepatan dengan Hari Jantung Dunia yang diperingati setiap tanggal 1 September 2022,” jelas Wakil Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara, Juaini.

Selain meningkatkan pemahaman tentang upaya pencegahan kanker serviks dan penanganan sakit jantung, para peserta seminar juga difasilitasi oleh RS Premier Jatinegara dan Sudin Kesehatan Kota Administrasi Jakarta Utara untuk mengikuti pengecekan kesehatan secara gratis meliputi pemeriksaan IVA Test, kolesterol, asam urat, gula darah, pengukuran tekanan darah, berat badan, tinggi badan, dan lingkar perut.

Kegiatan kolaborasi di bidang kesehatan tersebut mendapatkan apresiasi langsung dari Ketua IV Bidang Kesehatan Keluarga dan Lingkungan Tim Penggerak PKK Provinsi DKI Jakarta, Suni Sigit Wijatmoko yang bertindak mewakili Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi DKI Jakarta, Fery Farhati yang berhalangan hadir.

“Salam hangat dari bu Fery yang turut memberikan apresiasi luar biasa terhadap kegiatan ini. Semoga acara ini dapat berjalan lancar dan memberikan manfaat terbaik bagi kita semua,” ungkap Suni didampingi Ketua IV Bidang Kesehatan Keluarga dan Lingkungan Tim Penggerak PKK Kota Administrasi Jakarta Utara, Linda Dewi.

Pada kesempatan itu, ia juga mengajak kepada seluruh wanita usia subur untuk segera melakukan pemeriksaan IVA Test di sejumlah fasilitas kesehatan terdekat. “Semakin awal gejala kanker serviks diketahui maka akan semakin cepat penanganannya. Deteksi dini itu sangat penting karena saat ini kanker serviks termasuk nomor dua kategori penyakit yang paling mematikan untuk perempuan. Saya berharap seluruh masyarakat bisa secara rutin melakukan skrining IVA Test mandiri sebagai langkah preventif awal,” pesannya.

RN/Umayah Handayani/red

Pos terkait

Tinggalkan Balasan