Dekan FE UNA Dr (C) Hadi Yudisium 133 Sarjana Managemen dan Ekonomi Pembangunan

refubliknews.com,
Batubara,
Dekan Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Asahan Dr(C) H Hadi Suriono,SE,MM secara resmi memberikan Yudisium kepada 133 lulusan Fakultas Ekonomi UNA.

Dua diantaranya meraih predikat Cumlaude, atas nama, Ayu Adisty dengan indeks prestasi kumulatif ( PK), 3,91 dari Jurusan Ekonomi Pembangunan, dan Zurian Effendi dengan IPK 3,83 jurusan Management

Ketua Panitia Tengku Syarifah,SE, MSi dalam laporannya, mengatakan bahwa Yudisium yang ke-3 ini merupakan pengukuhan secara akademik terhadap lulusan FE UNA yang diikuti 133 peserta. Terdiri dari 117 dari Prodi Management dan 16 prodi Ekonomi Pembangunan. Sesuai dengan Surat Keputusan Dekan Fakultas Ekonomi No 38/KPTS/
tentang penetapan Yudisium Program FE Universitas Asahan.

“Selamat, hari ini anda sudah syah menyandang gelar Sarjana. Sebenarnya ini awal dari perjuangan anda. Jadi saya mohon kalau sudah mendapat kompetensi S1, silahkan anda berkarir atau berkarya,”sebut Dekan Fakultas Ekonomi, Dr(C) Hadi Suriono, S,E,MM mengawali dalam pidatonya saat acara Yudisium ke -3, lulusan Fakultas Ekonomi Universitas Asahan, Rabu(8/5) di Gedung Aula T Siregar, UNA.

Tampak hadir saat itu, Ketua Yayasan UNA Drs Mapilindo, Mpd, Rektor UNA Prof. Dr Tri Harsono, MSi, Wakil Ketua Yayasan Dr H Zaid Afif, SH, MHum, Wakil Sekretaris Yayasan Drs Eddy Pangindoan, MSi, Wakil Rektor I Dr Bambang Mulyanto, MPd, Wakil Rektor UI Abdul Rahman ,SE, MPd, MSi dan para Anggota Senat UNA

Menurut Hadi, Ditahun ini, sebanyak 133 orang yang ikut Yudisium dan 60 orang diantaranya lulusan stambuk 2020. Artinya, belum 4 tahun sudah selesai di Fakultas Ekonomi. Itu suatu prestasi dan tentunya itu membawa dampak positif kedepan.

“Insyaallah, mereka bagian dari alumni unggulan dari Fakultas Ekonomi UNA, harapan mereka kedepan bisa bersaing ditengah -tengah masyarakat sehingga berdiri sejajar dengan universitas yang ada. Indonesia,”sebutnya.

Itu sudah dibuktikan, terang Hadi, bahwa beberapa prestasi sudah diraih. Seperti, prestasi akademik kategori PMN-DM dengan penempatan di Perguruan Tinggi Di UGM, ITB, Juanda Bogor, dan lainnya. Selain itu, prestasi Non Akademik, peraih juara PBSI Provinsi Sumut, Pekan Olah Raga Sumut dan MTQ Tingkat Asahan.
Selain itu, prestasi Pendanaan program kreatifitas mahasiswa dari Kemendikbud Ristek Tahun 2023.

Sementara Rektor UNA Prof. Dr Tri Harsono,MSi mengucapkan selamat kepada Fakultas ekonomi UNA karena telah melahirkan sarjana -sarjana baru.

Dengan tengah berlangsungnya Yudisium, artinya, mereka sudah Syah menyandang gelar Sarjana.

“Selamat, Anda menjadi Sarjana, menjadi duta-duta dari Universitas Asahan, tentunya pendiri universitas ini merasa bangga. Dimana, 40 tahun yang lalu UNA mengimpor tenaga pengajar dibawah ke sini. Saat ini Alhamudillah, lulusan UNA makin banyak,”sebutnya.

Prof Tri Harsono juga ingatkan mimpi kita bersama UNA ini menjadi hebat dimasa depan. Kalau kemarin UNA unggul kedepan UNA hebat,”sebutnya.

Ternyata, terang Rektor, kalau diberi kesempatan , mereka
berprestasi. Program kampus mengajar tahun ini UNA tengah mengirimkan 26 mahasiswa untuk Program Kampus Mengajar, dan 26 orang untuk pertukaran mahasiswa dan program magang lainnya.

Harapan, UNA kedepan jauh lebih baik, di tahun 2025-2026, Akreditasi Fakultas Ekonomi terus ditingkatkan. Kita sudah berupaya dengan Pihak Yayasan, agar tenaga dosen pengajar banyak Doktor.

“Hari ini sudah ada 60 dosen yang sudah mengikuti program S3, dan sebanyak 16 orang sudah Doktor. Harapan, 5 tahun kedepan, lebih dari 50 persen dosen UNA sudah bergelar Doktor,”sebut Rektor.

Rektor juga apresiasi kepada Program Dekan FE Hadi Suriono, yang mengembangkan koperasi, tentunya,sejsuatu yang baik. Kenapa kita harus beli diluar kalau ada koperasi dikita. Dari kita untuk kita. Sudah hukum alam, kalau kita beli banyak pasti harga lebih murah,”sebutnya.

Rektor juga apresiasi dengan dedikasi dan mimpi FE untuk makin maju dan lebih baik.

“Mudah-mudahan, lahir Hadi Suriono, Hadi Suriono muda dari kita, yang menjadi inspirasi untuk kemajuan Fakultas Ekonomi dan Universitas Asahan,”sebut Rektor sembari informasikan
“Insyaallah, ditahun ini akan lahir doktor pertama bernama bagi kiya, Hadi Suriono,”terangnya.

Disamping itu, Rektor juga berharap, pada alumni untuk menjaga nama baik nama besar UNA. Karena ditangan kalian sendiri. On the Right is My Country, apapun kata orang tetap Tetap UNA yang terbaik,”pungkasnya.

Sementara Ketua Yayasan UNA, Drs Mapilindo, MPd, mengucapkan selamat kepada segenap pimpinan Fakultas Ekonomi UNA yang telah menyelengarakan serangkaian akademik mulai dari sampai menyelesaikan meja hijau dan hari ini Yudisium.

Ini sebagi bukti, di FE telah diselenggarakan dengan baik dan lancar dan tentunya dengan berbagai evaluasi untuk meningkatkan kualitas UNA di masa-masa mendatang.

Ia juga ucapkan selamat kepada para alumni yang telah menyelesaikan proses akademik dan saat ini menyandang gelar sarjana. Semoga bekl ilmu yang didapat diperkuliahan dapat digunakan di masyarakat.

Hakekatnya, bagi para lulusan dipundak kamu lah semua harapan. Tetap Tingkatkan kapasitas dan kualitas mu untuk bersaing dengan orang lain di didunia kerja. Insyaallah,itu akan menjadi bekalmu,”sebut Ketua Yayasan Drs Mapilindo sembari mengatakan bahwa FE UNA, lagi proses izin untuk prodi Bisnis Digital,”pungkasnya.

RN/holong/red

Pos terkait