TNI AL Palembang Aksi Evakuasi 2 Orang Nelayan Setelah Perahunya Tenggelam di Perairan Riau

refubliknews.com,
TNI AL, Palembang, 30 Januari 2023,–
Anggota Binpotmar Kampung Laut dibawah binaan Lanal Palembang membantu Evakuasi korban kejadian Laka Laut di Perairan Riau, Kec. Concong,  Kab. Indragiri Provinsi Riau, yang diselamatkan oleh ABK TB. Maju Daya 11/TK. Sinar Lestari.

Kronologis kejadian, pada hari Minggu 29 Januari 2023 pukul 05.00 WIB, korban atas nama Ali Munar, 50 tahun, Nelayan, Kecamatan Concongan Luar, Desa Palimaraja, Kabupaten Indragiri Ilir, bersama anaknya atas nama Angga, 18 Tahun, Nelayan, Kecamatan Concongan Luar, Desa Palimareja, Kabupaten Indragiri Ilir, berangkat dari rumah menuju ke laut disekitar Perairan Tanjung Bakung Provinsi Riau. Sekira Pukul 10.00 WIB, tiba-tiba ombak besar datang menghantam perahunya sehingga mengakibatkan perahu terbalik dan tenggelam, korban bersama anaknya berusaha menyelamatkan diri dengan menggunakan pelampung dan fiber ikan dan sempat terapung apung di laut selama 4  jam. Sekira Pukul 13.00 WIB, Melintas TB. Maju Daya 11/TK. Sinar Lestari 368, terlihat oleh Crew/ABK Jaga pada posisi 00′ 17′ 393 S 103′ 49′ 182′ E  korban beserta anaknya yang sedang terapung apung di laut. Pada pukul 13.50 WIB, korban berhasil diselamatkan dan mengikuti Pelayaran Ke Jambi.

Begitu menerima laporan dari Nahkoda TB. Maju Daya 11/TK. Sinar Lestari yang datang dari Belawan tujuan Jambi mengenai insiden ini, Babinpotmar Kampung Laut segera berkoordinasi dengan Satpolair Kampung Laut untuk melaksanakan evakuasi bersama dan menjemput korban di Tag Boat dengan menggunakan sarana speed boat. Pada pukul 23.00 WIB, korban telah dievakuasi dari TB. Maju Daya 11 ke Speed boat oleh anggota Babinpotmar Kampug Laut beserta Satpol Air untuk dibawa ke Puskesmas Kampung Laut.

Akibat insiden ini tidak ada korban jiwa dan korban mengalami kerugian materil 1 buah perahu dan jaring hilang dan saat ini kedua korban masih dirawat di Puskesmas dan dalam pengawasan tim medis Puskesmas Kampung Laut.

Komandan Lanal Palembang Kolonel Laut (P) Widyo Sasongko, S.E., M.Tr. Hanla., mengapresiasi kesigapan jajarannya dalam merespon dengan cepat dan melaksanakan SAR di wilayah kerjanya.

“Upaya SAR yang dilakukan merupakan implementasi pelaksanaan perintah pimpinan TNI AL yang selalu menekankan kepada jajaran TNI AL agar memanfaatkan dan melibatkan segala potensi yang dimiliki baik personel maupun alutsista untuk membantu dalam kegiatan-kegiatan kemanusiaan seperti SAR,” pungkas Komandan Lanal Palembang.

(Pen Lanal Palembang)

RN/Umayah Handayani/red

Pos terkait