Amankan 5 Pelaku dan 4 Sepeda Motor, Polres Purwakarta Bubarkan Aksi Balap Liar

refubliknews.com,-Purwakarta | Tim gabungan Polres Purwakarta, Polda Jawa Barat, bubarkan aksi balap liar serta mengamankan 5 orang berikut 4 sepeda motor di Jalan Raya Purwakarta- Bandung di Depan SPBU Bendul, Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta, pada Minggu 28 April 2024 dini hari.

Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain mengatakan, balap liar yang dilakukan sejumlah remaja tersebut mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Kami berhasil menjaring sebanyak 4 unit sepeda motor berbagai merek yang berencana akan melakukan trek-trekan atau balap liar, langsung diamankan polisi karena melanggar peraturan lalu lintas. Selain itu, kami juga amankan 5 orang pemuda yang diduga hendak melakukan balap liar,” kata Edwar, kepada media, pada Minggu, 28 April 2024.

Ia juga menyebut, penertiban balap liar tersebut merupakan upaya polisi untuk mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di wilayah Kabupaten Purwakarta.

Kegiatan balap liar, lanjut Edwar, sangat mengganggu pengguna jalan yang melintas, terlebih saat jam malam digunakan sebagai ajang balapan liar dan tontonan.

“Saat pelaksanaan razia, ditemukan adanya anak-anak yang masih di bawah umur turut terjaring dalam patroli skala besar tersebut,” ujarnya.

Edwar menegaskan, sepeda motor yang diamankan tersebut dapat diambil kembali dengan syarat melengkapi surat-surat maupun kelengkapan sepeda motor dan membuat surat pernyataan bersama orang tua dan perangkat desa yang bersangkutan.

Ia juga memberikan imbauan kepada para pelaku balap liar untuk tidak mengulangi aksi balap liar. Aksi balap liar bisa membahayakan para pelaku juga pengguna jalan lainnya.

“Kami dari pihak kepolisian memberikan imbauan kepada para pengendara tersebut agar tidak mengulangi aksinya kembali. Karena sangat membahayakan keselamatan diri dan pengendara lainnya,” tegasnya.

RN/raffa christ manalu/red

Pos terkait