Peringati Hari Mangrove Sedunia, Lanal Palembang Laksanakan Penanaman Mangrove Bersama Pemkab Tanjung Jabung Barat Jambi

refubliknews.com,
Palembang, 26 Juli 2022,– Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Yudho Margono, S.E.,M.M., beserta jajaran melaksanakan penanaman mangrove secara serentak di 77 lokasi di wilayah Indonesia. kegiatan yang terpusat di Desa Tanjung Pasir Kecamatan Teluk Naga Kabupaten Tangerang Provinsi Banten dihadiri oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Dr. Ir. Siti Nurbaya, M.Sc., dan beberapa duta negara sahabat.

Dalam sambutan KASAL mengatakan penanaman mangrove secara serentak dilaksanakan oleh jajaran TNI Angkatan Laut di 77 lokasi wilayah Indonesia, merupakan upaya menyikapi sering terjadinya bencana alam, tanah longsor dan bencana banjir yang hampir terjadi di seluruh negara di bumi, maka sepatutnya intropeksi dan berbenah diri terhadap lingkungan kita laksanakan bersama.

Bacaan Lainnya

Rusaknya hutan pantai (mangrove) sangat besar pengaruhnya terhadap lingkungan maupun resiko terjadinya bencana seperti tsunami tahun 2005 di wilayah Aceh. Hutan mangrove memiliki fungsi yang sangat besar bagi lingkungan hidup kita, diantaranya sebagai tumbuhan yang mampu menahan arus air laut yang bisa mengikis daratan pantai.

Untuk itu pada hari ini dalam rangka memperingati hari mangrove sedunia dan menyambut HUT kemerdekaan RI ke-77 tahun 2022, jajaran TNI AL melaksanakan penanaman mangrove dengan tema “Melalui sinergitas penanaman mangrove Nasional secara serentak TA.2022, TNI AL bersama rakyat siap mendukung program penanggulangan bencana dan perubahan iklim global”.

Kegiatan ini juga dilaksanakan untuk mendukung program pemerintah pusat maupun daerah, dalam memberikan wawasan dan kesadaran masyarakat tentang pentingnya mangrove bagi kehidupan dan menjaga ekosistem laut.

Dengan mengusung Tema “The Mangrove Save Our Earth” Melalui Sinergitas Penanaman Mangrove Nasional Secara Serentak TA. 2022 Lanal Palembang bersama Kabupaten Tanjung Jabung Barat turut mensukseskan peringatan Hari Mangrove Sedunia, Lanal Palembang sendiri melaksanakan penanaman mangrove di Pesisir Pantai, Desa Tungkal 1, Kecamatan Tungkal Ilir, Kabupaten Tanjung Jabung Barat dengan menanam bibit mangrove sebanyak 5.000 (lima ribu) batang.

Dalam sambutannya, Danlanal Palembang mengatakan bahwa pasrtisipasi kita dalam kegiatan penanaman mangrove secara serentak ini merupakan wujud keperdulian kita atas kelestarian lingkungan hidup di wilayah kita masing-masing, dan demi mewujudkan Indonesia hijau program ini akan dilaksanakan secara berkelanjutan dan berkesinambungan demi menjaga bumi agar tetap lestari.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut yakni, Danlanal Palembang Kolonel Laut (P) Widyo Sasongko, S.E., M. Tr. Hanla., Paspotmar Lanal Palembang Mayor Laut (K/W) Dewi Tresnawati, Dandenpomal Lanal Palembang Mayor Laut (PM) Reza Ali Aksa, Pasintel Lanal Palembang Mayor Laut (S) Ramadhan Ady Saputra, Ka. Akun Lanal Palembang Kapten Laut (S/W) Linda, Danposal Kuala Tungkal Letda Laut (P) Ihlas, Pgs. Papen Lanal Palembang Letda Laut (P) M. Suspa Machmuddin, Para Kakorwil Binpotmar TNI AL wilayah Jambi Wilker Lanal Palembang, Sekda Kaupaten Tanjung Jabung Barat Ir. H. Agus Sanusi, Kasat Samapta Polres Tanjabbar AKP Ruslan Abdul Gani, Pasiter Kodim 0419/Tanjab Kapten Tarigan, Panmud Pengadilan Negeri Kuala Tungkal Edi Santoso.

(Pen Lanal Palembang)

RN/indah/red

Pos terkait

Tinggalkan Balasan