Peringati Hari Mangrove Sedunia, Lanal Dumai Bersama Forkopimda dan Masyarakat Tanam 7.523 Batang Mangrove

refubliknews.com,
Dumai,- Dalam rangka menyambut peringatan Hari Mangrove Sedunia atau International Day For The Conservation Of The Mangrove Ecosystem tahun 2022, TNI AL dalam hal ini Lanal Dumai melaksanakan acara penanaman mangrove yang melibatkan semua unsur elemen masyarakat. Penanaman mangrove yang dilaksanakan serentak di 77 titik diseluruh Indonesia dipusatkan di Kawasan Mangrove Tanjung Pasir Kecamatan Teluk Naga Kabupaten Tangerang Provinsi Banten yang dipimpin langsung oleh Kasal Laksamana TNI Yudo Margono dan diikuti secara virtual melalui zoom meeting dari Desa Bangsal Aceh Kecamatan Sungai Sembilan Kota Dumai, Selasa (26/07/2022).

Pada kegiatan tersebut, Danlanal Dumai Kolonel Laut (P) Stanley Lekahena, M.Tr.Hanla, mengatakan “Mangrove merupakan salah satu ekosistem esensial di dunia yang mendukung sektor perikanan, mengurangi abrasi pantai, banjir, menjaga kualitas air pesisir, konservasi keanekaragaman hayati, penyimpanan karbon dan menyediakan bahan-bahan alami penting dan sumber mata pencaharian bagi jutaan orang,” terang Danlanal.

Bacaan Lainnya

Lebih lanjut dikatakan, sebelumnya pada tanggal 12 Juli 2022 lalu, kita (Lanal Dumai, red) bersama Forkopimda Kota Dumai, Unsur Maritim Kota Dumai, unsur vertikal dan pelajar serta kelompok tani dan masyarakat pesisir telah melaksanakan penanaman Mangrove yang pertama dengan jumlah 3.000 batang, serta pendistribusian bibit Mangrove ke Posal dibawah jajaran Lanal Dumai dengan jumlah 2.286 batang bibit Mangrove.

“Hari ini di Desa Pesisir Bangsal Aceh Dumai sebanyak 2.237 batang mangrove akan kita tanam, pelaksanaannya serentak di 77 titik seluruh indonesia termasuk Kota Dumai, diikuti secara virtual melalui zoom meeting. Jadi total keseluruhan mangrove yang kita tanam sebanyak 7.523 batang magrove”, pungkas Danlanal.

Demikian juga disampaikan Walikota Dumai melalui Asisten I Yusrizal, S.Sos., M.Si., “Penanaman Mangrove secara serentak yang dilaksanakan oleh TNI AL Dumai merupakan suatu kebanggaan kita buat masyarakat dan kehormatan Pemerintah Kota Dumai, atas terselenggaranya dan dipilihnya kota ini untuk ikut secara serentak seluruh Indonesia memperingati Hari Mangrove Sedunia dengan melakukan penanaman mangrove,” ujarnya.

Kegiatan yang bertemakan “Melalui sinergitas, penanaman mangrove nasional TNI AL beserta masyarakat siap mendukung program penanggulangan bencana perubahan iklim dan cuaca global” diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam menjaga kelestarian mangrove untuk keselamatan bumi dimasa depan.

Kegiatan penanaman mangrove di Bangsal Aceh Dumai diikuti oleh Dandim 0320/Dmi Letkol Arh Hermansyah Tarigan, S.E., Kapolres Dumai AKBP Nurhadi Ismanto, S.H., SIK., Mewakili Walikota Dumai Asisten I Yusrizal, S.Sos., M.Si., Ketua Pengadilan Negeri Dumai Muhammad Buchary Kurniata Tampubolon, S.H., M.H., Unsur Maritim Kota Dumai, Unsur Vertikal, Pelajar, serta Kelompok Tani dan Masyarakat Pesisir Desa Bangsal Aceh Dumai.

(Pen Lanal Dumai)

RN/indah/red

Pos terkait

Tinggalkan Balasan