Jaga Ekosistem Laut, TNI AL Lanal Bandung Laksanakan Penanaman Mangrove Nasional Tahun 2022 Secara Serentak

refubliknews.com,
Sukabumi,- Dalam rangka menjaga sekaligus menyelamatkan ekosistem laut, Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Bandung laksanakan penanaman Mangrove Nasional secara serentak di Pesisir Pantai Selatan Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Selasa (26/07/2022).

“Dengan Semangat Hari Mangrove Sedunia Kita Tumbuhkan Mangrove Di 77 Titik Jajaran TNI AL Di Seluruh Indonesia”. Kegiatan tersebut dilaksanakan terpusat di Tanjung Pasir, Kecamatan Teluk Naga, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten.

Bacaan Lainnya

Penanaman Mangrove Nasional yang dilaksanakan secara serentak merupakan rangkaian HUT RI ke-77 Tahun 2022, Hari Mangrove Sedunia yang jatuh pada tanggal 26 Juli 2022, serta dalam rangka menyambut Forum Kerja Sama Multilateral (G20) Indonesia 2022 yang juga merupakan Program Kerja TNI AL tahun anggaran 2022 tentang Kegiatan Pemberdayaan Wilayah Pertahanan Laut dengan tema “Melalui Sinergitas Penanaman Mangrove Nasional Secara Serentak TA. 2022, TNI AL Bersama Rakyat Siap Mendukung Program Penanggulangan Bencana, Perubahan Iklim Dan Cuaca Global” dengan motto “The Mangroves Save Our Earth”.

Maksud dan tujuan kegiatan tersebut untuk mendukung program pemerintah, memberikan wawasan dan kesadaran kepada Masyarakat tentang pentingnya mangrove bagi kehidupan dan menjaga ekosistem laut yang diarahkan pada penyiapan ruang, alat dan kondisi (RAK) juang yang tangguh bagi kepentingan pertahanan Negara dengan sasaran tercapainya RAK juang yang tangguh dalam rangka mewujudkan pertahanan Negara, menumbuhkan kesadaran pentingnya pelestarian dan terpeliharanya hutan mangrove bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat serta ketahanan wilayah serta terwujudnya kerja sama yang baik antar komponen bangsa serta terjalinnya kemanunggalan TNI AL dan rakyat.

Pohon mangrove ini perannya sangat penting dalam menjaga ekosistem dan menjadi tempat berkembang biaknya hewan laut seperti ikan dan lainnya. Selain itu, pohon ini pun juga bisa mencegah terjadinya abrasi pantai bahkan memecah gelombang laut.

Untuk Lanal Bandung menanam lebih kurang 5.000 pohon mongrove dengan luas area sekitar 5 ribu meter. Selain itu, dalam menjaga ekosistem laut tentunya merupakan tanggung jawab semua pihak, sebab jika laut rusak maka dampaknya akan terjadi multi masalah mulai dari perekonomian, pertahanan, sosial dan lainnya.

Pada kesempatan tersebut, dilaksanakan pula penebaran benih ikan Nila sebanyak 5.000 ekor yang dilaksanakan Komandan Lanal Bandung beserta unsur Forkopimda Kabupaten Sukabumi di Muara Cimarinjung, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas.

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain, Komandan Lanal Bandung Kolonel Laut (KH/W) Dr. Renny Setiowati, S.T., M.Sc., M.Tr.Hanla., Wakil Bupati Kabupaten Sukabumi, unsur FKPD Kabupaten Sukabumi, para Perwira Staf Lanal Bandung dan unsur FKPC Ciemas.

(Pen Lanal Bandung)

RN/indah/red

Pos terkait

Tinggalkan Balasan