Wali Kota Sibolga Terima Tim Audit BPK RI untuk Pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah

refubliknews.com,
Dinas Kominfo Kota Sibolga I Sibolga,- Wali Kota Sibolga, Jamaluddin Pohan, hari ini menerima kedatangan Tim Audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Sumatera Utara (Provsu) di Rumah pribadi Walikota Sibolga pada hari ini Selasa, (16/04/2024). Kedatangan tim ini merupakan kelanjutan dari penyampaian Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Unaudited Tahun Anggaran 2023, yang sebelumnya diserahkan pada 27 Maret 2024.

Pemeriksaan oleh Tim BPK Provsu ini akan berlangsung selama 25 hari, mulai dari 16 April hingga 10 Mei 2024. Dalam sambutannya, Wali Kota Jamaluddin Pohan mengatakan bahwa pemeriksaan ini penting untuk memastikan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan pemerintah daerah.

Sementara itu, Wakil Penanggung Jawab Tim BPK, Faizal, yang didampingi Ketua Tim BPK Sahat Pardomuan Simbolon, menyampaikan empat tahap audit yang akan dilakukan. Tahap-tahap tersebut meliputi pemantauan progres permasalahan, ketepatan penyajian dan pengungkapan akun di laporan keuangan, pengujian sistem pengendalian internal, dan penilaian terhadap kepatuhan terhadap perundang-undangan.

Acara ini juga dihadiri oleh Sekretaris Daerah M. Yusuf Batubara, SKM, MM, Inspektur Ichwan Simatupang, S.Sos, MAP, Kaban BPKPAD Amarullah Gultom, SE, MM, serta jajaran lainnya.

Dengan adanya pemeriksaan ini, diharapkan dapat meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan pemerintah daerah Sibolga untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih dan berintegritas.

RN/Sefri F.Siahaan./red

Pos terkait