Gerak Cepat,PJ Bupati Tapteng bersama sama PEPDESI Perbaiki Rumah Warga yang kurang mampu Di Desa Madani Kecamatan Sorkam Barat.

refubliknews.com,
TAPTENG – Pj Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng), Dr. Sugeng Riyanta, SH, MH, bergerak cepat memperbaiki rumah tak layak huni warga yang kurang mampu, yaitu milik Marince Manalu yang rumahnya mengalami kerusakan di Desa Madani, Kecamatan Sorkam Barat.

Pj Bupati Tapteng menjelaskan, “Begitu saya mendapatkan laporan dari Kepala Desa Madani Kecamatan Sorkam Barat, saya langsung mengajak para Kepala Desa yang tergabung dalam PAPDESI Tapteng, untuk bersama-sama meringankan tangan menyisihkan harta kita sebagian untuk berdonasi guna kepentingan pembangunan rumah layak huni bagi ibu Marince Manalu, janda beranak tiga yang sangat membutuhkan uluran tangan kita.”

Bacaan Lainnya

Pj Bupati mengatakan, ia langsung memerintahkan Kepala Desa Madani untuk menghitung jumlah dana yang dibutuhkan untuk pembangunan rumah tersebut dan harus segera dilakukan sehingga Ibu Marince Manalu bersama anak-anaknya dapat menempati rumah yang layak huni.

“Jadi Kades mengatakan dana perbaikan rumah tersebut berkisar 20 juta rupiah cukup,” kata Pj Bupati Tapteng, Dr. Sugeng Riyanta, SH, MH.

Untuk pembangunan rumah layak huni itu, kata Pj. Bupati Tapteng, ia sudah menggalang donasi dari semua stakeholder para Kepala Desa, Pimpinan OPD dan Camat. Juga bekerja sama dengan Baznas Kabupaten Tapteng.

“Alhamdulillah, donasi dari para Kades, sudah terkumpul hampir 45 juta rupiah. Dari para pimpinan OPD, camat dan lain lain, sudah terkumpul 15-an juta,” ungkap Pj. Bupati Tapteng.

Dengan jumlah donasi yang sudah terkumpul itu, dianggap sudah mencukupi untuk pembangunan rumah Marince Manalu.

“Dana yang dibutuhkan untuk pembangunan rumah ini sudah cukup, namun donasi tetap saya galang karena sebenarnya kondisi masyarakat di Kabupaten Tapanuli Tengah yang lain yang juga bernasib sama membutuhkan uluran kita, seperti warga di Madani ini masih banyak lagi,” ujarnya.

“Nanti donasi yang terkumpul ini, berapapun, saya sudah minta PAPDESI Tapteng untuk dicatat dipertanggungjawabkan, dikelola secara akuntabel. Nanti dananya akan digunakan untuk membantu masyarakat miskin di Kabupaten Tapanuli Tengah yang membutuhkan,” sambung Pj Bupati Tapteng.

Pj Bupati Tapteng, Dr. Sugeng Riyanta SH, MH ungkap alasan menggalang donasi ini.

“Kenapa ini saya galang langsung kepada para Kepala Desa, Pimpinan OPD Camat, karena APBD kita justru ironinya tidak menganggarkan anggaran-anggaran yang sifatnya bantuan sosial yang langsung kepada masyarakat ini,” jelasnya.

Menurut Pj Bupati, memang kondisi saat ini berat karena tahun ini Pemerintah Daerah fokus untuk menggelontorkan biaya Pilkada Tapteng hampir mencapai 40 miliar rupiah.

“Tetapi bukan berarti kita harus mengandalkan dari APBD. Saya mengajak solidaritas para Kepala Desa yang tergabung dalam PAPDESI, dan mengajak Pimpinan OPD dan Camat. Alhamdulillah semua tergerak. Tapanuli Tengah itu maju kalau kita yang membuat maju, tapi Tapanuli Tengah juga terpuruk kalau pimpinannya membuat terpuruk,” kata Pj Bupati Tapteng.

“Alhamdulillah, mulai hari ini Senin, Kepala Desa Madani langsung bergotong royong untuk membangun rumah ibu Marince Manalu sesegera mungkin, yang berukuran 5×6 meter persegi,” jelasnya.

Pj Bupati mengungkapkan, dalam waktu dekat ia juga akan turun langsung ke lokasi pembangunan rumah itu untuk menyerahkan bantuan donasi dari para pihak yang telah menyisihkan hartanya.

“Langsung akan saya lihat. Semoga secepatnya kebutuhan masyarakat ini dapat terselesaikan,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Madani, J. Silaban menyampaikan terima kasih kepada Pj Bupati Tapteng, Dr. Sugeng Riyanta, SH, MH atas respon cepat untuk menolong keluarga Marince Manalu untuk perbaikan rumah itu.

Ia mengatakan, selama ini ibu
Marince Manalu dengan tiga orang anaknya memang tinggal di rumah yang tak layak huni itu.

“Kemarin, Sabtu tanggal 9 Maret 2024 rumah ibu itu berukuran sekitar 4×4 meter persegi rusak sehingga tidak dapat ditempati lagi, dan saat ini proses pembangunan rumah ibu Marince dalam tahap memasang pondasi,” ujar Kepala Desa Madani.

RN/Sefri Fernando Siahaan/red

Pos terkait