POLISI RESOR Purwakarta Lantik Patroli Keamanan Sekolah Tingkat SMA, SMK dan MA

refubliknews.com,
Purwakarta – Polres Purwakarta hadiri Apel Penutupan Diklat, Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) dan Pelantikan Patroli Keamanan Sekolah (PKS) tingkat SMA, SMK dan MA sederajat Batalyon Kiansantang Polres Purwakarta,

Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain melalui Kasat Lantas, AKP Dadang Supriadi menyampaikan kepada seluruh peserta diklat LDK, agar segala ilmu yang didapatkan selama pelatihan, dapat diamalkan dengan baik.

Dia menekankan pentingnya menerapkan semua materi dengan perilaku akhlak yang mulia.

“Kita sudah terlalu banyak menemukan orang pintar, orang cerdas ada di mana-mana, tapi semua itu tidak ada artinya jika tidak dibarengi dengan akhlak yang baik. Kecerdasan itu nomor sekian, yang utama adalah akhlak, sebab akhlaklah yang akan menentukan bermanfaat atau tidak bermanfaatnya suatu ilmu,” ucap Dadang, pada Senin, 30 Oktober 2023.

Sementara, untuk Patroli Keamanan Sekolah (PKS) yang baru dilantik, lanjut Dadang, anggota PKS mengawasi atau memantau dari tindakan-tindakan negatif yang terjadi di sekolah untuk selanjutnya dilaporkan kepada pihak guru. Namun, PKS juga wajib mengetahui peraturan-peraturan kelalulintasan.

“Patroli keamanan sekolah ini dibentuk dalam rangka membantu tugas polisi di sekolah-sekolah. Keberadaan PKS ini tentu bisa berperan dalam membantu keamanan sekolah, bisa juga mengatur lalu lintas setidaknya pada saat jam-jam sibuk masuk atau pulang sekolah, mereka bisa bantu menyeberangkan siswa-siswi yang akan menuju ke sekolah maupun yang akan meninggalkan sekolah,” ungkap Dadang.

Ia melanjutkan, PKS juga dapat bertugas di tempat-tempat lain yang sedang melaksanakan kegiatan sekolah, umpamanya pada saat kegiatan Porseni, menyambut perayaan hari-hari besar dan kegiatan lainnya.

Menurut Dadang, Walaupun semata-mata PKS bertugas untuk kawan-kawan sekolahnya, dibenarkan juga kalau mereka melaksanakan tugasnya terhadap pemakai jalan lain, seperti menyeberangkan siswa-siswi dari sekolah lain.

“PKS ini juga diharapkan membantu orang lanjut usia atau siapa saja yang ada di tempat itu dan memerlukan pertolongan, bahkan anggota PKS pun bisa membantu tugas para Polisi yang ada di jalan,” sebut Dadang pada awak media

Dadang berharap PKS mampu memupuk dan melahirkan pelajar disiplin terkait tata tertib lalulintas baik di sekolah maupun di luar sekolah.

“Selain itu, PKS juga diharapkan mampu melakukan antisipasi anti narkoba, anti tawuran dan anti kekerasan di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah,” katanya.

Dadang menuturkan, dalam pelantikan tersebut beberapa guru bidang kesiswaan dihadirkan untuk lebih dapat mengetahui dan memantau keberadaan anggota PKS masing-masing. Dengan demikian, lanjutnya, di masa yang akan datang para pelajar akan menjadi generasi yang telah memiliki disiplin dan sopan santun berlalu lintas.

“Meski di lingkungan sekolah sudah ada guru, tenaga pendidik hingga satpam, keberadaan anggota patroli keamanan sekolah ini juga sangat penting. PKS dapat membantu guru kesiswaan dalam menjalankan proses ketertiban di lingkungan sekolah. Diharapkan Patroli Keamanan Sekolah bisa menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas dan pelopor disiplin di sekolah.

RN/M.hasiholan.s/red

Pos terkait