Guna Menekan Peredaran Narkotika, Polres Karawang Resmikan Kampung Bebas dari Narkoba

refubliknews.com,
Karawang | Tekan peredaran dan penyalahgunaan narkotika di wilayah hukum Polres Karawang, Polda Jawa Barat, Satuan Reserse (Satres) Narkoba Polres Karawang, kembali membentuk Kampung bebas narkoba di Desa Wadas, Kecamatan Telukjambe Timur, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, pada Rabu 30 Agustus 2023.

Dibentuknya Kampung Bebas Narkoba sebagai upaya preventif Polres Karawang yang diinisiasi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam Quick Win Responsnya yang diwujudkan oleh Kapolres Karawang, AKBP Wirdhanto Hadicaksono serta Kasat Satres Narkoba, AKP Arief Zaenal Abidin.

Kasatres Narkoba Polres Karawang, AKP Arief Zaenal Abidin menuturkan, tujuan dibentuknya kampung tangguh bebas narkoba sebagai salah satu bentuk pencegahan narkoba secara dini dari mulai tingkat RT, RW dan desa/kelurahan serta mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama bergerak memberantas penyalahgunaan narkoba.

“Dengan pembentukan Kampung Bebas Narkoba, warga Desa Wadas sangat mendukung program pemerintah untuk mensukseskan program tersebut, sehingga warga merasa aman dan terlindungi,” kata Arief Zaenal Abidin, mewakili Kapolres Karawang, AKBP Wirdhanto Hadicaksono.

Peresmian kampung tangguh bebas narkoba di Desa Wadas, Kecamatan Telukjambe Timur ini, juga dihadiri unsur Muspika, beserta masyarakat setempat.

“Ke depan, kami berharap semua desa di Kabupaten Karawang juga dapat membentuk kampung tangguh bebas narkoba, sehingga penyebaran kampung tangguh ini merata di seluruh Kabupaten Karawang, terlebih lagi meminimalisir dari peredaran narkoba itu sendiri semakin masif pergerakannya,” ucap Arief.

Momen tersebut, lanjut Arief, masyarakat Desa Wadas sangat antusias dalam program pemerintah untuk membangun kampung bebas dari narkoba di wilayahnya, sehingga anak muda lebih terpantau aktifitasnya dengan harapan tidak ada peredaran Narkoba di wilayahnya.

“Dengan alat peraga yang dibawa, warga, tokoh masyarakat, serta tokoh seni budaya paham bentuk dan wujud narkoba dan mendapatkan ilmu tentang bahaya narkoba dan warga menginginkan dijadwalkan ulang untuk pertemuan berikutnya dan diberikan edukasi melalui paparan ataupun video oleh Tim Satgas Anti Narkoba agar pengetahuan tersebut dapat diketahui oleh warga desa secara keseluruhan,” ungkap AKP Arief Zaenal Abidin.

RN/raffa christ manalu/red

Pos terkait