Akibat Musim Kemarau, Lima Desa di Karawang Alami Kekeringan

refubliknews.com,
Karawang | Musim kemarau yang melanda wilayah Jawa Barat, lima Desa di Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang dilanda kekeringan.

Akibat dari musim kemarau tersebut, masyarakat di lima Desa itu sangat membutuhkan bantuan pasokan air bersih.

Sekertaris Kecamatan Tegalwaru, Jumria, kepada awaq media mengatakan, sudah sebulan lebih lima desa di Kecamatan Tegalwaru mengalami kekeringan akibat musim kemarau.

Kelima Desa yang mengalami kekeringan, yakni, Desa Kuta langgeng, Cinta langgeng, Cintalaksana, Cigunung sari dan Kutamaneh.

Ia juga merasa heran, mengapa di wilayah Kecamatan Tegalwaru, yang notabene daerah pegunungan bisa mengalami kekeringan.

“Sumber air di lima desa tersebut sudah mengering, bahkan sudah digali atau dibor hingga kedalaman 100 meter pun tetap tidak keluar air,” kata Junria, pada Selasa 29 Agustus 2023.

Hingga saat ini, lanjut Junria, sudah ada bantuan sebanyak 15 mobil dari instansi pemerintah maupun dari pihak lainnya, yang memasok air bersih untuk kebutuhan masyarakat maupun mengairi areal persawahan.

“Kami berharap, Pemkab Karawang maupun pihak swasta atau perorangan bisa memberikan bantuan pasokan air bersih untuk masayarakat Kecamatan Tegalwaru yang daerahnya mengalami kekeringan,” harap Junria.

RN/raffa christ manalu/red

Pos terkait