Akibat Cuaca Buruk l, Speed Boat Penumpang Rute Tembilahan-Tanjungpinang Diselamatkan Posbinpotmar TNI AL Lobam

refubliknews.com,
TNI AL, Bintan,- Pos Binpotmar TNI AL Lobam Lanal Bintan menyelamatkan Speed boat penumpang SB Bintang Rizky yang terdampar di Perairan Lobam akibat cuaca buruk, Sabtu (29/07/2023).

Sekira pukul 19.20 WIB, adanya informasi tentang speed boat penumpang SB Bintang Rizky yang sandar di Dermaga PT. Singatac Lobam, kemudian personel Pos Binpotmar TNI AL Lobam mendatangi lokasi tempat sandar tersebut yang diketahui adanya kapal speed boat penumpang yang sandar di dermaga akibat cuaca buruk. Kemudian secara berjenjang Komandan Pos Binpotmar Letda Laut (S) Toto Yulianto melaporkan kepada Danlanal Bintan tentang adanya kejadian tersebut.

Speed boat dengan anak buah kapal (ABK) 6 orang dan penumpang 36 orang tersebut dengan rute Tembilahan-Guntung-Tanjung-Pelabuhan Moro dan terakhir dengan tujuan Tanjungpinang.

Mendapat informasi tersebut, Danlanal Bintan Letkol Laut (P) Gita Muharam, M.Sc., melalui Pasops Lanal Bintan Mayor Laut (P) Eko Adi Susanto, memerintahkan Pos Binpotmar TNI AL Lobam untuk segera memberikan bantuan terhadap para penumpang speed boat yang mengalami kendala perjalanan akibat cuaca buruk yang terjadi saat itu.

Sesuai arahan dari komandan Lanal Bintan seluruh penumpang tersebut selanjutnya diselamatkan dan ditampung di Posbinpotmar Lobam untuk selanjutnya diantar menggunakan Bus Lanal Bintan menuju Tanjungoinang.

Pos Babinpotmar TNI AL Lobam bersama Pamobvit Industri Lobam, Babinkamtibmas Teluk Lobam, Syahbandar Lobam serta Securitiy PT. BIIE, turut serta membantu dalam proses penyelamatan hingga pemulangan ke tempat tujuan Tanjungpinang terhadap penumpang speed boat yang mengalami musibah cuaca buruk tersebut.

Dalam himbauannya, Danlanal Bintan mengatakan dengan adanya cuaca buruk yang terjadi saat ini diharapkan para pengguna sarana laut hendaknya lebih berhati-hati dan memahami kondisi cuaca saat itu, lengkapi sarana dan prasarana keselamatan sebelum melakukan pelayaran, sehingga dapat meminimalisir terjadinya kecelakaan akibat dari kelalaian yang ditimbulkan. TNI AL akan terus berupaya dan bersiaga melalui Posal-posal atau Posbinpotmar dibawah jajaran Lanal Bintan dalam melaksanakan pembinaan Potensi Maritim serta memberikan pelayanan dan bantuan kepada masyarakat sekitar sesuai dengan tugas pokok yang diembannya.

(Pen Lanal Bintan)

RN/arifin/red

Pos terkait