Sekda Subang Asep Nuroni, Lantik Puspaga dan Forum Anak Daerah

refubliknews.com,
Subang | Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Subang, H. Asep Nuroni,S.Sos, M.Si, melantik 31 anak menjadi pengurus Forum Anak Daerah Gotong Royong (FADGOR) periode 2023-2025, serta 37 orang pengurus Pusat Pembelajaran Keluarga (PUSPAGA) periode 2021-2026, di Aula H. Oman Syahroni, komplek Pemkab Subang, pada Jumat 28 Juli 2023.

Kepala DP3KBP3A Kabupaten Subang, Dra. Nunung Suryani, dalam sambutannya menyampaikan, bahwa forum anak sebagai pelopor dan mengacu kepada peran anak untuk berkontribusi aktif dalam berbagai upaya pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak menjadi contoh yang baik.

“Sebutan pelapor itu yakni, anak berani menyampaikan apapun yang dilihatnya ataupun yang dirasakannya disekitar lingkunganya,” kata Nunung.

Dalam kesempatan itu, salah seorang anak perwakakilan FAGOR, Muhammad Azis Riyadi, membacakan 10 permohonannya terkait hak anak, salah satunya, meminta pemerintah daerah untuk menyediakan Shelter anak di Kabupaten Subang, sebagai upaya melindungi dan memfasilitasi penangan kasus terkait dengan anak.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Subang, Asep Nuroni, mewakili Bupati Subang, menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah bekerja keras dalam mewujudkan Subang sebagai Kabupaten layak anak kedua kalinya, Ia berharap prestasi tersebut mampu dipertahankan dan ditingkatkan.

Sekda juga menyampaikan, terkait keputusan Bupati Subang mengenai pembentukan lembaga pusat pembelajaran keluarga (Puspaga) Kabupaten Subang, yang memiliki peran aktif dan fungsinya bagi perkembangan anak dan kesejahteraan keluarga.

“Dengan hadirnya Puspaga dan Forum Anak di Subang, mari kita optimalkan upaya dalam mewujudkan Kabupaten Subang benar-benar ramah, aman dan layak bagi kehidupan anak,” tutur Asep Nuroni.

Ditempat yang sama, Ketua Puspaga Kabupaten Subang, Nuraida mengatakan, Ia berharap sinergitas yang telah terbangun dengan seluruh sektor, mampu ditingkatkan untuk pencegahan serta penanganan kasus anak maupun perempuan di Kabupaten Subang.

“Dalam mengawasi dan pencegahan kasus anak dan perempuan, mari kita tingkatkan terus sinergitas yang sudah kita bangun dan terjalin keseluruh sektor, guna mewujudkan Subang menjadi Kabupaten yang ramah dan layak anak,” ujar Nuraida, S.Ip, MSi.

RN/petterson/red

Pos terkait