Baru menjabat 2 bulan,Lurah Kalangan,Pecat kepling Dusun ll kalangan secara Sepihak.

refubliknews.com,
TAPTENG.,
Masyarakat Lingkungan II Kelurahan Kalangan, Kecamatan Pandan, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) resah dengan pemecatan Kepling Dusun II, Wakari Togatorop, yang dinilai tidak transparan dan sepihak.

Hatobangon (Tokoh Masyarakat) Lingkungan II Kelurahan Kalangan, Faozatulo Laoli dan Atofona Mendrofa, bersama masyarakat, menolak keputusan Lurah Kalangan, Yose boru Panggabean, yang baru menjabat 2 bulan tersebut.

“Pemilihan Kepling baru tidak sesuai forum dan tidak terbuka,” ujar Hatobangon.

Masyarakat lebih memilih Wakari Togatorop untuk kembali memimpin karena dianggap dekat dan memahami kebutuhan warga.

“Kami yakin kepemimpinan Pak PJ Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng) mengedepankan netralitas. Kami ingin memilih kembali Wakari Togatorop sebagai kepling dusun II Kelurahan Kalangan,” kata Bowozanolo Nduru dan Meliria Gea, mewakili warga.

Mereka juga berpegang teguh pada Surat Edaran Bupati Tapteng No. 500-12-1/077/2024 dan Undang-Undang No. 14/2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) yang memberikan ruang bagi masyarakat untuk menentukan pemimpin mereka.

Masyarakat meminta PJ Bupati Tapteng atau instansi terkait untuk turun tangan dan menyelesaikan masalah ini dengan cara yang kondusif dan aman.

“Kami memiliki hak untuk menentukan pemimpin kami yang tidak hanya memikirkan diri sendiri akan juga masyarakat,” tegas Bowozanolo Nduru ada 94 Warga mendadatangani keberatan Pergatian kepling.

RN/Sefri F.Siahaan./red

Pos terkait