Pasca Libur Lebaran, Ratusan Ribu Wisatawan Kunjungi Purwakarta

refubliknews.com,-Purwakarta | Libur Lebaran, Pemkab Purwakarta, Jawa Barat mempersiapkan berbagai destinasi wisata dalam menjaring peluang besar potensi ekonomi selama libur lebaran 2024.

Dari data Dinas Kepemudaan, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Purwakarta merilis, bahwa pada momentum libur lebaran tahun ini, tercatat ada sekitar 242.023 wisatawan yang berlibur diwilayah Kabupaten Purwakarta.

“Jumlah itu sudah melebihi dari target kami, yakni sebesar 150 ribu wisatawan. Sebanyak 242.023 wisatawan yang datang ke berbagai jenis destinasi wisata yang ada di Purwakarta. Dari jumlah tersebut, destinasi wisata kuliner Sate Maranggi Hj. Yetty menjadi tempat yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan,” ujar Kepala Dinas Disporaparbud Purwakarta, Mohamad Ramdhan diruang kerjanya, pada Selasa 23 April 2024.

Ia mengatakan, destinasi kuliner yang menyajikan sate khas Purwakarta yang sudah melegenda tersebut di kunjungi sebanyak 61.482 wisatawan.

Selain wisata kuliner, lanjut Ramdhan, jenis wisata air masih menjadi tempat favorit untuk masyarakat yang ingin berlibur diwilayah Kabupaten Purwakarta.

“Ada destinasi wisata baru, yaitu Nimo Water Forest yang berlokasi di Bungursari, itu mencapai 18.018 wisatawan. Kemudian, wisata Anugerah Waterpark Bunder, itu mencapai 9.204 pengunjung, dan terakhir wisata Taman Batu di Bojong, itu mencapai 29.393 pengunjung,” katanya.

Lebih jauh Ramdhan menjelaskan, destinasi wisata alam Parang Gombong yang berlokasi di Kecamatan Sukasari juga masih menjadi kunjungan favorit bagi wisatawan.

“Ada sekitar 22.190 wisatawan yang berkunjung ke Parang Gombong pada moment libur lebaran 2024 kemaren,” ucap Abah Ramdhan, sapaan akrabnya.

Ratusan ribu wisatawan yang berkunjung kewilayah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat itu, tercatat sejak tanggal 5 hingga 14 April 2024.

“Selama libur lebaran 2024 kemaren, setidaknya ada perputaran uang masyarakat yang mencapai Rp 12.101.150.000,- atau sekitar 12 miliyar,” ungkapnya.

RN/raffa christ manalu/red

Pos terkait