Sentil Gus Muhaimin Debat Kedua Cawapres, Gibran Kembali Mendominasi Panggung di JCC Senayan

refubliknews.com,
Jakarta | Debat ke empat Pilpres atau Debat Kedua Calon Wakil Presiden (Cawapres) telah dilaksanakan di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat, pada Minggu 21 Januari 2024 malam.

Acara debat ini dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dilanjutkan dengan Jingle Pemilu dan perkenalan 11 Panelis yang ditugaskan membantu KPU menyiapkan pertanyaan.

Dalam sambutan pembukaan debat, Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak, yang telah membantu terselenggaranya Debat ke empat Pilpres dengan pesertanya para Calon Wakil Presiden.

“Terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu KPU dalam mensukseskan debat ke empat ini, dan kepada seluruh masyarakat Indonesia, saya mengajak untuk bersama mendengar dan menyimak Visi, Misi dan Program Kerja dari masing Calon Wakil Presiden, sesuai dengan tema debat malam hari ini,” ujar Hasyim Asy’ari.

Hasyim juga tak lupa menyampaikan ucapan terimakasih kepada stasiun TV Penyelenggara yang telah memberikan dukungan atas terlaksananya debat malam hari ini.

Pantauan Refublik News melalui salah satu TV penyelenggara, sejak awal debat Calon Wakil Presiden Nomor Urut 2 Gibran Rakabuming Raka, tampak jelas mendominasi Panggung Debat malam ini.

Dominasi tersebut terlihat mulai dari segmen dua, dimana Gibran menyentil Cawapres Nomor Urut 1 Muhaimin Iskandar, yang dalam penyampaian Program kerja dengan melihat catatan ketika menjawab pertanyaan Moderator.

“Enak banget ya Gus, menjawab pertanyaan sambil melihat catatan,” kata Gibran, ketika memberikan tanggapan dari jawaban Muhaimin Iskandar, atau yang akrab disapa Gus Imin.

Dalam pemaparan Visi-Misi dan Program Kerjanya, Muhaimin mengatakan negara harus serius menanggapi hasil sensus pertanian terutama masalah food estate yang dianggapnya gagal.

“Kebijakan Nasional harus berpijak pada keadilan disemua sektor, desa harus jadi titik pembangunan,”” papar Gus Imin.

Selanjutnya, Cawapres Nomor Urut 2 Gibran Rakabuming Raka dalam pemaparannya menjelaskan, bahwa Indonesia adalah negara besar dan kaya dan harus disyukuri, dan Prabowo-Gibran berjanji akan melanjutkan dan meningkatkan anggaran desa sesuai kekuatan Fiskal dalam Negeri.

“Program hilirisasi disemua sektor harus ditingkatkan, Agenda Reforma Agraria harus terus didorong dan dilaksanakan, Kehidupan Petani dan Nelayan akan jadi titik perhatian utama,” ujar Gibran.

Ditempat yang sama, Cawapres Nomor Urut 3 Mahfud MD, dalam pemaparannya menitik beratkan tentang sumber daya alam yang sampai saat ini masih banyak sengketa.

“Petani sedikit, lahan juga sedikit, tapi subsidi setiap tahun selalu naik, ini pasti ada yang salah, dan harus diperbaiki,” kata Mahfud.

Adapun tema debat kedua yang diikuti oleh ketiga Paslon Cawapres ini adalah tentang Pembangunan Berkelanjutan, Lingkungan Hidup, Sumber Daya Alam, Energi, Pangan, Agraria, Masyarakat Adat dan Desa.

Pada segmen penutup, Muhaimin mengatakan, Inti dari Pembangunan berkelanjutan artinya tidak ada satupun yang ditinggalkan dalam pelaksanaannya.

“Semua harus kita kembalikan ke Etika di semua bidang, dan jika Amin terpilih sebagai Presiden dan Wakil Presiden, maka kita akan sungguh sungguh dalam memimpin negara ini, termasuk mengatur Anggaran Negara,” ucapnya.

Sementara itu, dalam kata penutupnya, Mahfud MD mengatakan jika Paslon 3 terpilih, maka mereka berjanji secara bertahap akan mengembalikan yang menjadi hak rakyat.

“Pedang kita saat ini tumpul, kalau tidak tumpul sudah kita tabrak semua yang tidak benar, dan kedepannya Paslon urut 3 akan membenahinya,” ucapnya.

Sementara, Cawapres Nomor Urut 2 Gibran Rakabuming Raka dalam closing statement yang disampaikannya di acara debat.

Dia dengan tegas mengatakan bahwa jika Paslon Nomor Urut 2 Prabowo-Gibran terpilih menjadi pasangan Presiden dan Wakil Presiden di Pilpres 2024.

Dipastikan akan terus mengedepankan Hilirisasi, karena menurutnya, Hilirisasi sangat penting untuk kehidupan masyarakat dimasa mendatang.

“Saya tidak bosan-bosannya bicara dengan mengedepankan hilirisasi disemua bidang, karena hilirisasi ini akan sangat membantu, dan kami pasangan Prabowo-Gibran akan melanjutkan apa yang telah dilaksanakan pemerintah saat ini,” ucapnya.

“Dan tentunya, kami jika terpilih akan membenahi apa yang perlu dibenahi nantinya, dan jangan lupa tanggal 14 Februari nanti, datang ke TPS dan coblos Prabowo-Gibran,” tandasnya dengan mantap dan penuh rasa percaya diri.

RN/raffa christ manalu/red

Pos terkait