Ratusan Botol Miras Disita Polres Purwakarta Saat Malam Pergantian Tahun

refubliknews.com,
Purwakarta – Peredaran miras jadi atensi besar kepolisian jelang pergantian tahun. Polisi tak ingin kecolongan terhadap pesta miras yang meresahkan warga hingga bisa mengancam nyawa jika dioplos sembarangan.

Mengantisipasi pesta miras saat malam perayaan tahun Baru 2024, Polres Purwakarta melakukan razia di beberapa yang disinyalir menjual miras pada Minggu, 31 Desember 2023.

Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain menyatakan bahwa seringkali terjadi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) yang meresahkan yang dipicu oleh konsumsi minuman keras.

“Razia ini untuk memberantas penyakit masyarakat di Kabupaten Purwakarta, dan mengantisipasi berbagai macam bentuk kejahatan ataupun gangguan harkamtibmas yang dapat disebabkan mengkonsumsi miras,” Ucap Edwar, Pada Senin, 1 Januari 2024, dini hari.

Dalam razia tersebut, kata Kapolres, pihaknya berhasil mengamankan ratusan miras dari berbagai merk yang terdapat di beberapa toko di wilayah Kabupaten Purwakarta.

“Miras yang diamankan dari berbagai jenis sebanyak 130 botol berbagai jenis dan merk serta 10 liter tuak,” Ungkapnya Pada Awak Media

Edwar menilai, selama ini Miras jadi pangkal awalnya terjadi tindakan kejahatan, seperti pencurian, pemerkosaan, perampokan serta banyak lagi hal negatif yang di timbul usai mengkonsumsi miras.

“Miras merupakan salah satu potensi gangguan kamtibmas, karena dengan mabuk-mabukan bisa timbul tindak pidana. Sesuai arahan Pak Kapolres Purwakarta, kegiatan serupa akan terus kami rutinkan. Secara tidak langsung kegiatan seperti ini bisa mengurangi tindak kriminalitas. Kami ingin memastikan situasi Purwakarta tetap aman dan kondusif,” tegas Kapolres.

Edwar menuturkan, Operasi Lilin Lodaya tahun 2023 bertujuan menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif pada saat pergantian tahun 2024.

“Razia miras dilakukan salah satunya untuk menjaga kondusivitas wilayah serta untuk mengantisipasi adanya tindak pidana akibat miras menjelang malam tahun baru. Jajaran Polres Purwakarta akan terus merazia miras. Sehingga masyarakat Purwakarta ataupun masyarakat luar Purwakarta bisa aman dan nyaman ketika berlibur di kabupaten Purwakarta ini. Selain itu, saya ucapkan terimakasih kepada masyarakat yang telah mau bekerjasama dengan memberikan informasi kepada kami.

RN/M.hasiholan.s/red

Pos terkait