Asah Keterampilan Seni Beladiri Dan Spiritual, Padepokan 11 Elang Putih Dari Selatan Gelar Latihan Rutin

refubliknews.com,
Subang | Padepokan Pencak Silat 11 Elang Putih Dari Selatan pimpinan Tubagus Abdul Rohman Kandias melaksanakan kegiatan latihan rutin dan mengasah keterampilan beladiri yakni seminggu dua kali setiap selasa sore pukul 14.00 Wib dan minggu pagi pukul 08.00 Wib.

Latihan rutin ini di laksanakan di halaman Padepokan 11 Elang Putih Dari Selatan di Dusun Wantilan RT 07/ RW 03, Desa Wantilan, Kecamatan Cipeundeuy, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Minggu 17 Desember 2023. Diikuti oleh pesilat dari Tingkat SD, SMP dan SMA juga terbuka untuk umum

Ketua Padepokan Pencak Silat 11 Elang Dari Selatan, Asep Rusmana S.Pd memgungkap tujuan dari latihan rutin di Padepokan yaitu mencakup berbagai aspek untuk mengembangkan kekuatan fisik, kelincahan, keseimbangan, dan keterampilan bertarung dan mengembangkan pesilat secara menyeluruh. Diantara tujuan utamanya yaitu;

Pertama : Pengembangan Keterampilan Bela Diri. Latihan rutin bertujuan untuk meningkatkan keterampilan teknis pesilat, termasuk penguasaan pukulan, tendangan, blok, dan teknik dasar Pencak Silat lainnya.

Kedua : Kesehatan Fisik. Melalui latihan kekuatan, dan latihan keseimbangan, pesilat bekerja untuk meningkatkan kesehatan fisik mereka secara umum.

Ketiga : Daya Tahan dan Kebugaran, Latihan rutin membantu meningkatkan daya tahan dan kebugaran pesilat, yang kritis untuk performa yang baik dalam pertarungan dan aktivitas fisik lainnya.

Keempat : Peningkatan Keseimbangan dan Fleksibilitas. Aspek keseimbangan dan fleksibilitas menjadi fokus untuk membantu pesilat bergerak dengan lebih efisien dan mencegah cedera.

Kelima : Pengembangan Mental. Latihan disiplin mental dan konsentrasi menjadi bagian penting dari sesi latihan. Pesilat belajar untuk tetap fokus dan tenang dalam situasi yang menantang.

Keenam : Pengembangan Jiwa Kepemimpinan dan Kerjasama. Latihan di padepokan juga dapat membangun keterampilan sosial, seperti kepemimpinan dan kerjasama melalui latihan berpasangan atau kelompok.

Ketujuh : Pemahaman Filosofi Pencak Silat. Sesi diskusi dan refleksi setelah latihan bisa membantu pesilat memahami nilai-nilai filosofis yang mendasari Pencak Silat, seperti penghormatan, kemandirian, dan kejujuran.

Kedelapan: Persiapan Mental untuk Pertarungan. Latihan rutin membantu pesilat mengembangkan kepercayaan diri dan ketenangan pikiran, persiapan mental yang penting dalam situasi pertarungan.

Kesembilan : Pengembangan Seni Gerak Tubuh. Bagi pesilat yang tertarik pada aspek artistik Pencak Silat, latihan rutin dapat membantu mereka mengasah keterampilan seni gerak tubuh dan koreografi.

Dengan mencapai tujuan ini, pesilat dapat menjadi praktisi pencak silat yang lebih baik secara keseluruhan, memanfaatkan keuntungan fisik, mental, dan spiritual dari latihan rutin di padepokan.

Menurut Al Maslul, sapaan akrab Ketua Padepokan, latihan rutin di padepokan pencak silat 11 Elang Putih Dari Selatan tidak hanya bertujuan untuk pengembangan fisik, tetapi juga untuk memperkuat aspek mental, emosional, dan spiritual pesilat, menciptakan lingkungan di mana nilai-nilai tradisional pencak silat dapat diterapkan dan dihormati.

“Latihan rutin ini sangat membantu pesilat dalam mengasah keterampilan bela diri mereka, memperkuat tubuh, dan mengembangkan aspek mental dan spiritual untuk mencapai kesempurnaan dalam Pencak Silat.” tutur Al Maslul yang terkenal dengan ketegasannya

Al Maslul mengucapkan puji syukur alhamdulillah antusias peserta didik sangat tinggi serta ucapan terima kasih kita sampaikan kepada para orang tua murid atas dukungan yang sangat luar biasa baik secara moral Maupun material sehingga kegiatan latihan di padepokan selalu di penuhi olah anak – anak yang mau berlatih beladiri pencak silat.

Menurutnya, yang sangat berbeda di padepokan ini adalah pelatih selalu membiasakan anak-anak untuk sholat berjamaah rutin di setiap latihan, sehingga anak-anak terbiasa saat berada di luar Padepokan sesuai dengan moto kami bisa silat harus bisa sholat.

Perlu diketahui, Pencak Silat merupakan seni bela diri yang telah ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda oleh UNESCO.

Untuk yang ingin bergabung dalam melestarikan warisan budaya para leluhur nenek moyang kita, bisa langsung datang kelokasi padepokan 11 Elang Putih Dari Selatan yang beralamat di Dusun Wantilan RT 07/ RW 03, Desa Wantilan, Kecamatan Cipeundeuy, Kabupaten Subang, Jawa Barat.

Atau bisa langsung menghubungi Sekertariat Padepokan Nomor Telepon / WhatsApp :
+62 831 – 9586 – 7946
+62 877 – 7952 – 2727

RN/raffa christ manalu/red

Pos terkait