Kemenag Fasilitasi Sertifikat Halal Gratis bagi Pelaku UMKM di Purwakarta

refubliknews.com,
Purwakarta | Sertifikasi Halal gratis yang di siapkan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Purwakarta kepada pelaku UMKM sebanyak 6.490 sertifikat.

Sopian, selaku Kepala Kemenag Purwakarta mengatakan, para pelaku UMKM di Kabupaten Purwakarta, mendapatkan kuota sertifikasi sebanyak 6.490 sertifikat halal.

“Dari kuota sebanyak 6490 sertifikasi halal tersebut, hingga saat ini Kemenag Purwakarta bersinergi dengan DKUPP Purwakarta sudah berhasil mendaftarkan sebanyak 6177 pelaku UMKM untuk diterbitkan sertifikat halalnya,” kata Sopian, saat penyerahan secara simbolis sertifikat halal kepada pelaku UMKM, di Aula Yudhistira Komplek Pemkab Purwakarta, pada Kamis 14 September 2023.

Ia juga menyebut, dari 6.177 tersebut, adapun sertifikat halal yang sudah diterbitkan untuk pelaku UMKM sebanyak 4.366 sertifikat.

“Sertifikat halal yang sudah kita terbitkan sebanyak 4.366 sertifikat bagi pelaku UMKM,” ujarnya.

Menurutnya, sertifikasi halal akan sangat dibutuhkan pelaku UMKM, karena produk halal ke depan akan menjadi gaya hidup, bahkan dalam undang-undang di jelaskan, bahwa semua produk yang beredar di Indonesia harus bersertifikat halal.

“Sertifikasi halal penting agar memberikan kepastian dan kenyamanan bagi konsumen, kalau sudah tersertifikasi halal, mudah-mudahan dagangannya makin laku, makin berkah dan rezkinya makin melimpah,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Urusan Agama Islam Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Barat, H. Ahmad Patoni mengungkapkan, ditargetkan pada tahun 2024 makanan yang masuk ke supermarket semua harus jelas memiliki sertifikasi halal.

“Dengan di terbitkannya sertifikasi halal, ini merupakan salah satu keuntungan bagi umat islam,” ucap Ahmad.

Sertifikasi halal ini merupakan orogram Kemenag melalui BPJBH yang di tahun ini menargetkan satu juta produk sertifikasi halal gratis.

“Dalam hal program ini, Provinsi Jawa Barat terbaik secara nasional,” ujar Ahmad.

Ditempat yang sama, Sekda Purwakarta, Norman Nugraga, mengapresiasi Kemenag Purwakarta, yang telah sukses menerbitkan ribuan sertifikasi halal gratis bagi pelaku UMKM di Kabupaten Purwakarta.

Program dari Kemenag ini sangat membatu Pemkab Purwakarta, khususnya bagi dunia usaha bisa tumbuh kembang di wilayah Kabupaten Purwakarta.

“Jumlah UMKM di Purwakarta cukup banyak, ada sekitar 46 ribu pelaku UMKM yang terdaftar di DKUPP Purwakarta,” kata Norman.

Kedepan, mudah-mudahan dengan program sertifikasi halal ini bisa nemberikan keuntungan dan jaminan bagi konsumen, bahwa produk yang dihasilkan pelaku UMKM di jamin tingkat kehalalannya.

“Ini suatu keuntungan bagi pelaku usaha di Purwakarta, pemerintah daerah mengucapkan terimakasih kepada jajaran Kemenag yang membantu mendorong peningkatan UMKM di Kabupaten Purwakarta,” ungkap Norman Nugraha.

RN/raffa christ manalu/red

Pos terkait