Menyadari Peran Penting Media Massa, Bawaslu Purwakarta Gelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif

refubliknews.com,
Purwakarta | Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Purwakarta, menggelar acara Sosialisali Pengawasan Partisipatif kepada awak media yang ada di Kabupaten Purwakarta.

Kegiatan sosialisasi tersebut, mangandung tema ‘Peran Media Massa Dalam Pengawasan Partisipatif di Setiap Tahapan Pemilu 2024’ diselenggarakan di Grand Ciwareng Inn Hotel and Resort Purwakarta, Jawa Barat, pada Senin 11 September 2023.

Acara sosialisasi pengawasan partisipatif di mulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan lagu Mars Bawaslu oleh Komisioner Bawaslu dan para awaq media yang hadir di acara tersebut.

Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan pengenalan para komisioner Bawaslu Kabupaten Purwakarta, periode 2023 – 2028 yang baru dilantik pada bulan Agustus 2023 lalu.

Acara perkenakalan komisioner Bawaslu Kabupaten Purwakarta, dipandu oleh Wahyudin, salah satu komisioner Bawaslu Kabupaten Purwakarta, pemegang jabatan Kordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas.

Dalam sambutannya, Wahyudin mengatakan, Bawaslu Kabupaten Purwakarta menyadari, peran media yang dinilai cukup penting dalam hal penyampaian informasi terkait Pemilu, baik dari proses, edukasi pemilih hingga informasi terbaru kepada masyarakat luas.

Mendasar kepada peran penting media, lanjut Wahyudin, Bawaslu berupaya mengajak para awak media untuk peduli serta berperan aktif dalam pengawasan pertisipatif melalui sosialisasi yang di gelar hari ini.

“Sosialisasi yang kita laksanakan hari ini bertujuan agar masyarakat luas, khususnya masyarakat Purwakarta memahami tugas pokok dan fungsi dari Bawaslu, melalui peran serta para awaq media,” kata Awenk, sapaan akrab Wahyudin.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kabupaten Purwakarta, Yusup Suprianto,SH mengatakan, keseriusannya mengajak rekan-rekan media untuk membangun kerjasama dengan Bawaslu Kabupaten Purwakarta, demi mensukseskan Pemilu 2024, mulai dari tahapan-tahapan hingga pada pelaksanaannya, diantaranya, pemilihan Legislatif, Pilpres dan Pilkada.

“Bawaslu akan lebih mendekatkan diri kepada media, sebagai bentuk keseriusan membangun kerjasama agar kedepan lebih terjalin kebersamaan yang baik dalam rangka mensukseskan pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang,” ujar Yusup Suprianto.

RN/raffa christ manalu/red

Pos terkait