Komandan Lanal Bandung Resmi Buka Uji Glagaspur Pangkalan P1 dan P2 di Pangkalan TNI AL Bandung

refubliknews.com,
TNI AL, Bandung,- Komandan Lanal Bandung Kolonel Laut (KH/W) Dr. Renny Setiowati, S.T., M.Sc., M.Tr.Hanla., membuka Uji Glagaspur P1 dan P2 di Pangkalan TNI AL Bandung dengan Penguji dari Tim Kolat Armada I yang dilaksanakan selama 2 hari mulai tanggal 7 sampai dengan 8 September 2023, bertempat di Ruang Rapat Mako Lanal Bandung, Kamis (07/09/2023).

Tim Kolat Koarmada I dipimpin oleh Wadankolat Koarmada I Letkol Laut (P) Yoni Nova Kusumawan, S.E., M.M., M.Tr.Opsla (Katim) dengan tim terdiri dari Mayor Mar Suyanto (Wakatim), Peltu Pdk Rony Surachman (Anggota), Serma Bek Ahmad Sutarya (Anggota), Serka Mes Muhammad Ilham (Anggota), Serka Bah Rudiyanto (Anggota) dan Serda Bah Suprapto (Anggota).

Danlanal Bandung dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat datang kepada Ketua beserta Tim Uji Petik Kolat Koarmada I yang telah berkenan hadir di Mako Lanal Bandung dan merupakan suatu kehormatan bagi Lanal Bandung yang telah diberi kesempatan untuk mendapatkan kunjungan dari Tim Uji Petik Kolat Koarmada I.

Seperti telah kita ketahui bersama bahwa kegiatan Uji Petik di lingkungan TNI AL merupakan rangkaian fungsi pembinaan, pengawasan dan pengendalian serta tindakan prefentif dalam rangka mengatisipasi kemungkinan penurunan kinerja prajurit. Kami berharap koreksi dan masukan dari Tim Uji Petik Kolat Koarmada I apabila dalam pelaksaan Uji Petik ini di Lanal Bandung nanti ada hal-hal yang kurang dan tidak sesuai dengan ketentuan.

Selain itu, dengan demikian kehadiran Tim Uji Petik Kolat Koarmada I diharapkan dapat memberikan masukan-masukan yang positif, untuh dan terpadu yang produknya berupa saran dan koreksi untuk perbaikan organisasi Lanal Bandung saat ini maupun dimasa mendatang. Tak lupa pada kesempatan ini kami mohon maaf yang sebesar-besarnya apabila dalam penyambutan kami terdapat hal yang kurang berkenan semoga kunjungan Tim Uji Petik Kolat Koarmada I di Mako Lanal Bandung, dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan serta dapat memberikan pemecahan terhadap permasalahan serta kendala yang ada di Lanal Bandung.

Pada kesempatan tersebut, Wadankolat Koarmada I Letkol Laut (P) Yoni Nova Kusumawan, S.E., M.M., M.Tr.Opsla., selaku Ketua Tim membacakan amanat Dankolat Koarmada I bahwa penilaian terhadap penyelenggaraan Glagaspur Pangkalan merupakan salah satu fungsi komando yang harus dilaksanakan untuk menentukan keberhasilan latihan. Uji terampil Glagaspur Pangkalan Tingkat 1/P-1 dititikberatkan pada kesiapan perorangan dan kelompok dalam menggunakan peralatan/persenjataan masing-masing dalam pelaksanaan tugas, sedangkan Uji Terampil Galgaspur Pangkalan Tingkat-1/P-2 merupakan kesiapan Pangkalan dalam melaksanakan tugas bersama-sama secara teknis dan taktis sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Melalui upaya pengukuran tingkat kesiapsiagaan dan profesi akan dapat menentukan tindakan korektif yang diperlukan segera maupun dikemudian hari dan memberikan gambaran tentang tingkat kesiapan operasional satuan. Hal ini tidak lepas dari tugas pokok pangkalan TNI Angkatan Laut yaitu menyelenggarakan dukungan logistik dan administrasi bagi unsur-unsur, satuan dan Kotama pembina potensi maritim menjadi kekuatan Pertahanan Keamanan Negara di laut dan tugas-tugas lainnya.

Uji Glagaspur hari pertama dimulai dengan Jajar Kehormatan dilanjutkan dengan Uji Tertulis, Menembak, Renang Militer, Latihan PBB, Pengendalian Huru Hara dan Pertahanan Pangkalan.

(Pen Lanal Bandung)

RN/kartika wati/red

Pos terkait