Kelompok Tani Desa Cibungur, Sambut Baik Sosialisasi BIOS 44 Yang di Gelar Kodim 0619/Purwakarta

refubliknews.com,
Purwakarta | Warga masyarakat petani di Desa Cibungur, Kecamatan Bungursari, menyambut baik program sosialisasi BIOS 44 yang dilakukan Kodim 0619/Purwakarta.

Program sosialisasi BIOS 44 ini, dilakukan Kodim 0619/Purwakarta, yang diwakili, Letda Ramani, bagi warga petani di aula Desa Cibungur, Kecamatan Bungursari, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, pada Senin 4 September 2023.

Terpantau oleh media, hadir pada saat sosialisasi, Kepala Desa Cibungur, Aang Anwar, Babinsa, Bhabinkamtibmas Desa Cibungur, aparat desa, RT/RW dan para perwakilan dari kelompok tani yang ada di Desa Cibungur.

Kegiatan sosialisasi pemanfaatan BIOS 44 ini adalah upaya peningkatan produksi pertanian dan ketahanan pangan, salah satu bagian program TNI Angkatan Darat khususnya Kodam III/Siliwangi.

“BIOS 44 adalah salah satu bagian program TNI Angkatan Darat untuk ketahanan pangan, dimana Kodam III/Siliwangi melakukan modifikasi sehingga mampu mensosialisasikan BIOS 44 ini berguna untuk meningkatkan hasil pertanian,” ujar Letda Ramani.

Pupuk BIOS 44 ini, sebut Ramani, adalah agen hayati yang sangat baik bagi peningkatan atau menambahkan organisme di tanah. BIOS 44 merupakan pupuk organik perpaduan beberapa mikroorganisme yang disatukan yang dapat membantu menyuburkan tanaman atau mengembalikan kesuburan tanah.

BIOS 44 ini, lanjutnya, dapat di aplikasikan pada lahan pertanian, lahan perkebunan dan lahan bekas pertambangan, banyak sekali mamfaat dari BIOS 44, diantaranya, mengembalikan kualitas tanah layak tanam menjadi produktif kembali.

BIOS 44 juga dapat mengembalikan kondisi unsur hara tanah menjadi normal, meningkatkan daya tahan tanaman terhadap hama dan penyakit, mampu mengurai dan merentabilitasi lahan gambut, lahan bekas tambang hingga lahan kritis bencana alam.

“Dengan diadakannya sosialisasi BIOS 44 ini, diharapkan para peserta mampu mensosialisasikannya kembali kepada masyarakat untuk menggunakan dekomposer BIOS 44, agar mampu meningkatkan hasil pertanian dan dapat mendukung program ketahanan pangan sehingga masyarakat sejahtera,” ungkap Ramani.

Sementara itu, Kepala Desa Cibungur, Aang Anwar, mengucapkan terimakasih kepada pihak Kodim 0619/Purwakarta, atas kegiatan sosialisasi yang dilakukan bagi warga masyarakat cibungur.

“Sasialisasi BIOS 44 ini sangat penting bagi warga petani, terutama warga petani di Desa Cibungur agar memahami lebih jauh terkait pemanfaatan pupuk organik BIOS 44 tersebut, mudah-mudahan para petani cibungur nantinya bisa memakai dan memanfaatkannya dan diharapkan mampu mendorong produksi bagi para masyarakat petani cibungur,” ucap Aang Anwar.

Aang menyebut, yang menjadi kendala saat ini, adalah musim kemarau dan belum musim tanam bagi para petani, namun demikian, dia berharap, pada saat musim tanam tiba, masyarakat mampu mengaplikasikan metode pemanfaatan dari pupuk organik BIOS 44 tersebut.

“Saat ini adalah musim kemarau dan belum memasuki musim tanam bagi petani, dengan diadakannya sosialiaasi BIOS 44 ini, para petani nantinya bisa mengaplikasikan pemanfaatan dari BIOS 44 ini,” ujar Aang Anwar.

RN/raffa christ manalu/red

Pos terkait