Dukung Produktifitas Pertanian, Puluhan Saluran Irigasi Segera Dibangun di Purwakarta

refubliknews.com, Purwakarta | Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta, Jawa Barat, akan membangun puluhan titik saluran irigasi untuk mendukung produksi pertanian di wilayah Kabupaten Purwakarta.

Hal itu dikatakan Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika, saat memimpin pelaksanaan Panen Raya di Desa Cisaat, Kecamatan Campaka, Kabupaten Purwakarta, Jabar, pada Jumat 4 Agustus 2023.

“Guna mendukung infrastruktur pertanian, tahun ini kami akan membangun 70 titik saluran irigasi primer,” kata Anne.

Anne juga menyampaikan, kalau puluhan saluran irigasi yang akan dibangun itu tersebar di 17 kecamatan diwilayah Kabupaten Purwakarta.

Menurut Anne, infrastruktur pertanian perlu diperhatikan karena itu akan berkaitan dengan produktivitas padi. Artinya, jika infrastruktur pertanian mendukung, maka produksi padi juga akan mengalami peningkatan yang signifikan.

Disisi lain, terkait dengan areal sawah tadah hujan, Anne juga menginstruksikan Dispangtan berkordinasi dengan para camat, agar mengoptimalkan lahan tadah hujan, agar bisa tetap ditanami pada musim kemarau seperti sekarang ini.

Sawah tadah hujan merupakan jenis sawah yang sistem perairannya sangat bergantung pada hujan, tanpa bangunan-bangunan irigasi permanen.

Selain itu, lanjut Anne, produktifitas petani yang tinggi akan meningkatkan produktifitas pertanian, seperti produktifitas padi yang terus meningkat.

“Muaranya adalah, terciptanya ketersediaan pangan rakyat dan menguatnya ketahanan pangan nasional,” tutur Anne Ratna Mustika.

RN/raffa christ manalu/red

Pos terkait