Untuk Mengasah Kesiapsiagaan dan Naluri Tempur, Prajurit Lanal Sibolga Laksanakan Uji Terampil Glagaspur Pangkalan Tingkat P1-P2

refubliknews.com,
TNI AL, Sibolga,- Prajurit Lanal Sibolga melaksanakan Uji Terampil Glagaspur Pangkalan Tingkat P1-P2 Prajurit Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Sibolga yang dipimpin Danlanal Sibolga Letkol Laut (P) Cahyo Pamungkas, M.Tr.Opsla., selaku Pimpinan Latihan (Pimlat) melaksanakan Uji Gladi Tugas Tempur (Glagaspur) Pangkalan Tingkat P1-P2 oleh Tim Uji dari Komando Latihan (Kolat) Koarmada I yang dipimpin Ketua Tim Letkol Laut (P) Didik Hermawan, M.Tr.Opsla., di Mako Lanal Sibolga, Senin (17/07/2023).

Kegiatan Uji Trampil Glagaspur berlangsung selama 2 (dua) hari tanggal 17 hingga 18 Juli 2023, dengan tujuan untuk mengetahui kesiapsiagaan para prajurit dalam menguasai Pos Tempur, Prosedur Peran-Peran, Penggunaan peralatan di Pangkalan, serta mampu dan bisa bertindak secara cepat dalam keadaan darurat.

Dalam sambutannya, Danlanal Sibolga Letkol Laut (P) Cahyo Pamungkas mengucapkan selamat datang kepada Tim Kolat Koarmada I yang sudah berkenan hadir di Mako Lanal Sibolga. “Saya berharap semoga Lanal Sibolga dapat melaksanakan latihan ini sesuai dengan rencana kegiatan yang telah ditetapkan, memahami tugas dan tanggungjawabnya sesuai dengan buku peran tempur masing-masing prajurit serta menjaga kondisi kesiapan personel dan peralatannya secara optimal”, tegasnya.

Sementara itu, Ketua Tim Kolat Koarmada I Letkol Laut (P) Didik Hermawan menyampaikan bahwa penyelenggaraan Uji Terampil Glagaspur Pangkalan Tingkat P1 dan P2 ini merupakan salah satu fungsi komando yang harus dilaksanakan untuk menentukan tingkat kesiapan Prajurit Lanal Sibolga baik perorangan maupun kelompok dalam menggunakan peralatan dan persenjataan masing-masing bagian maupun beregu guna mengukur tingkat kesiapsiagaan, profesi serta kesiapan operasional satuan khususnya Pangkalan TNI AL.

Kegiatan Glagaspur Tingkat Pangakalan ini meliputi giat P1 diantaranya Peraturan Militer Dasar (Permildas), Peraturan Dinas Dalam (PDD) Khas, Peraturan Penghormatan Militer (PPM), Peraturan Dinas Garnizun (PDG), Peraturan Baris Berbaris (PBB), Search ang Rescue (SAR), Ketrampilan Perorangan (Bongkar Pasang Senjata, Menembak, Renang Militer), Pengetahuan Kebaharian (Uji Tulis, Tali Temali, Peluit, Flash/Semaphore). Sedangkan P2 meliputi Pertahanan Pangkalan (Hanlan) terdiri dari (Peran Tempur Bahaya Udara dan Peran Tempur Bahaya Permukaan), Peran Kebakaran (PEK), Pengendalian Huru Hara (PHH), dan Evaluasi Medis.

Sebelum pelaksaaan Uji Trampil Glagaspur Tingkat Pangkalan P1 dan P2 ini, para prajurit Lanal Sibolga telah dilatih dan didrill secara intens oleh Pasops Lanal Sibolga Kapten Laut (P) Agus Adi Purwanto selaku Perwira Pelaksana Latihan (Palaklat) dan Perwira Staf Lanal Sibolga.

(Pen Lanal Sibolga)

RN/arifin/red

Pos terkait