Keluarga Besar Lantamal I Peringati Hari Raya Idul Adha1443 H/2022 M Di Lapangan Apel Mako Lantamal I

refubliknews.com,
Belawan,- Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) I Laksamana Pertama TNI Johanes Djanarko Wibowo diwakilkan Wadan Lantamal I Kolonel Mar Amir Kasman, Wakil Ketua Korcab I Daerah Jalasenastri Armada I Ibu Dewi Amir Kasman melaksanakan Shalat Idul Adha berjamaah bersama dengan ribuan masyarakat Belawan di Lapangan Apel Markas Komando (Mako) Lantamal I, Jalan Serma Hanafiah Belawan, Minggu (10/07/2022).

Setiap tanggal 10 Dzulhijjah umat Islam diseluruh dunia merayakan Idul Adha. Perayaan itu dilakukan dengan cara melaksanakan sholat ied dan menyembelih hewan qurban. Shalat Idul Adha yang dilaksanakan Lantamal I pada pukul 07.15 Wib sudah menjadi agenda rutin untuk menjalin tali silahturahmi Prajurit Lantamal I dengan masyarakat sekitar Mako yang bermukim di Belawan. Sejarah Idul Adha sendiri merupakan salah satu tanggal penting dalam kalender Islam yang ditandai dengan puncak ibadah Haji di Mekkah, Arab Saudi.

Danlantamal I yang diwakili oleh Wadan Kolonel Mar Amir Kasman menyampaikan pesan kepada seluruh prajurit Lantamal I beserta keluarganya agar memaknai Idul Adha ini dengan penuh rasa syukur, jaga keselamatan, jalin silaturahim dengan keluarga dan masyarakat, hindari perbuatan-perbuatan yang tidak sesuai dengan norma agama serta norma yang berlaku ditengah-tengah masyarakat, hal ini tentunya seiring dengan tema Hari Raya Idul Adha pada tahun ini yaitu, ”Menumbuhkan Kepedulian Sosial”. Tema tersebut sangat tepat, dimana kondisi masyarakat yang belum sepenuhnya dapat bangkit dari kesulitan akibat pandemi covid 19, seluruh keluarga besar TNI Angkatan Laut khususnya Lantamal I justru harus menunjukkan sikap saling perduli terhadap sesama angota Lantamal I serta seluruh warga masyarakat, dengan menumbuhkan sikap saling perduli terhadap sesama, maka persoalan bangsa akan mudah untuk diatasi.

Adapun selaku Khotib Shalat Ied sekaligus penceramah Ustadz Dr. Fauzi Wikanda, M.Pd,.I., beliau sebagai dosen di Fakultas Agama Islam Universitas Medan Area menyampaikan Hari Raya Idul Adha merupakan wujud rasa syukur kita atas berbagai kenikmatan yang telah kita peroleh, serta ketaatan kepada perintah Allah SWT agar kita selalu dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT serta harus mensyukuri nikmat Allah SWT yang telah diberikan disaat saudara-saudara kita belum tentu dapat menikmatinya, oleh karena itu bagi yang punya kelebihan rizki berqurbanlah untuk membantu sesama agar menjadi hamba Allah yang taat kepada perintah dan menggapai ridho-Nya

Usai melaksanakan Shalat Idul Adha Wadan Lantamal I Kolonel Mar Amir Kasman menyerahkan hewan qurban secara simbolis kepada panitia Idul Adha, dilanjutkan penyembelihan hewan kurban yang dagingnya akan dibagikan kepada masyarakat kurang mampu, yatim piatu dan lanjut usia disekitar Mako Lantamal I. Adapun jumlah hewan qurban yang terkumpul di Lantamal I yaitu 3 ekor sapi dan 6 ekor kambing.

Kegiatan perayaan Hari Raya Idul Adha 1443 H/2022 M sesuai dengan Perintah Harian Kepala Staf TNI AL (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono yaitu “Tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai landasan dalam pengabdian sebagai Prajurit Jalasena yang memegang teguh nilai-nilai Sapta Marga, Sumpah Prajurit, Delapan Wajib TNI dan Trisila TNI AL”.

Turut hadir dalam acara Shalat Ied dan pemotongan hewan qurban, Danlantamal I, Wadan, para Asisten Danlantamal I, Para Kadis dan Kasatker Lantamal I, serta keluarga Besar Lantamal I.

(Dispen Lantamal I)

RN/indah/red

Pos terkait

Tinggalkan Balasan