Danguskamla Koarmada I Resmi Tutup Patkor Indindo 38/22 di Mako Lanal Sabang

refubliknews.com,
Sabang,- Komandan Gugus Keamanan Laut (Danguskamla) Koarmada I Laksamana Pertama TNI Haris Bima Bayuseto, S.E., M.Si., secara resmi menutup kegiatan Patroli Terkoordinasi (Patkor) India-Indonesia (Indindo) Ke-38 Tahun 2022, bertempat di Mako Lanal Sabang, Jalan Yos Sudarso, Gampong Cot Ba’u, Kecamatan Sukajaya, Kota Sabang, Kamis (23/6/2022).

Dalam kegiatan tersebut dilaksanakan kaji ulang yang disampaikan oleh Komandan Lanal Sabang Kolonel Laut (P) Ardhi Sunaryo, S.T., M.M., selaku Dansatgas Patkor Indindo 38/22.

Pangkoarmada I dalam sambutannya yang disampaikan oleh Danguskamla Koarmada I Laksma TNI Haris Bima Bayuseto, S.E., M.Si., mengatakan bahwa kerjasama patroli terkoordinasi antara Indonesia dan India dimulai sejak tahun 2003. Wilayah Andaman dan Pulau Nicobar India yang berbatasan langsung dengan Pulau Rondo Indonesia merupakan daerah check point untuk angkutan pelayaran internasional yang menjadikan wilayah perairan sangat penting dan strategis bagi perekonomian internasional.

Pada Patkor Indindo Ke-38 Tahun 2022, TNI AL melibatkan KRI Cut Nyak Dien-375 sedangkan India Navy melibatkan INS Karmuk P64 dan Pesud In Dornier. Kegiatan Patkor yang dilaksanakan setiap tahunnya tersebut bertujuan untuk menciptakan opini positif dalam upaya mewujudkan keamanan di laut dan mempererat hubungan Angkatan Laut kedua negara.

Selama mengikuti kegiatan Patkor Indindo di perairan perbatasan Indonesia dan India, KRI CND-375 menggelar latihan bersama dengan Kapal Perang India Navy diantaranya Air Defence Exercise (ADEX) Tactical Manuver (TACMAN), Flasing Exercise (FLASHEX), dan Boarding Exercise (BOARDEX). Sementara selama di Pangkalan Port Blair India diisi berbagai kegiatan olahraga bersama, malam seni budaya dan culture programme.

Latihan ini merupakan salah satu kegiatan yang masuk dalam program kerjasama internasional antara TNI AL dengan Angkatan Laut India di bidang Operasi dan Latihan. Dan merupakan himbauan dari Pangkoarmada I Laksda TNI Arsyad Abdullah terkait implementasi dari program prioritas Kasal Laksamana TNI Yudo Margono di bidang peningkatan pembangunan dalam penguatan diplomasiTNI AL

Acara dihadiri oleh Naval Component Commander Andaman And Nicobar Command CDRE Prashant D Sidhaye, Komandan Lanal Sabang Kolonel Laut (P) Ardhi Sunaryo, S.T., M.M., selaku Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Patkor Indindo Ke-38, Athan India Captain (N) Amitabh Saxena, Komandan Kapal Perang India INS Karmuk P64 CDR Sharath Dahiya, Komandan KRI CND-375 Letkol Laut (P) Dedi Gunawan W., S.E., M.Mpol., dan Perwira Perwakilan Angkatan Laut Kedua Negara.

(Pen Lanal Sabang)

RN/indah/red

Pos terkait

Tinggalkan Balasan