DR(c) Hadi Suriono Hadiri Syukuran H Darwis

refubliknews.com,
Balon Bupati Darwis : “Siapapun Gandeng Pak Hadi Menang, Karena Beliau Tokoh”

Batubara, RefublikNews
Balon Bupati Batubara Drs H Darwis MSi akui ketokohan H Hadi Suriono,SE, MM terbilang luar biasa.

Ibarat sinar matahari terbit dari Timur merambah ke Barat makin kesini makin kencang.

Hemat Darwis, “Siapapun yang Gandeng Pak Hadi Suriono ini akan menang. Karena Beliau itu Tokoh,”ungkap Darwis ,saat diwawancarai wartawan, disela sela merayakan syukuran dirinya Caleg DPRDSU terpilih pada
Pemilu 2024, Sabtu(4/5) dikediamannya.

Menurut Darwis, bahwa Hadi Suriono adalah teman lama, ketika saat mereka masih sama-sama berprofesi sebagai guru, dan Kepala Sekolah walaupun di ditempat berbeda.

Hadi Suriono sebagai Kepsek Yayasan Yapenas di Petatal dan Darwis Kepsek di SMA N Limapuluh.

Darwis yang meniti karir dari seorang guru, Kepsek beranjak menjadi birokrat lalu diberi amanah menjadi Kadis Pendidikan Batubara dan terakhir menjadi Sekretaris Daerah Pemkab Batubara, dan ketika terjun ke dunia politik berhasil menjadi Caleg DPRSU Terpilih saat ini .

Sementara Hadi Suriono, pemilik Yayasan Yapenas, Di Petatak yang meniti karir sebagai dosen, dan Dekan Fakultas Ekonomi di Universitas Asahan dan juga saat ini kandidat Doktor(c) di Universitas ternama di Indonesia.

Terlihat ada kerinduan dan keakrapan dari bincang-bincang kedua Tokoh Populer itu. Maklum kali, Kedua Tokoh ini sudah lama tidak bertemu. Sehingga, menambah kecurigaan wartawan, seperti sinyal-sinyal awal penjajakan komunikasi politik mengarah berpasangan dalam Pilkada Batubara mendatang.

Diketahui, keduanya Balon Bupati Batubara yang bakal maju pada Kontestasi Pilkada Batubara 2024 mendatang. Hadi Suriono juga sudah mendaftar ke Partai Nasdem, yang ketuai Drs Darwis.

Saat, Hadi Suriono (Hadis) dan Darwis diwawancarai wartawan malam itu disela sela acara.
Darwis, mengatakan bahwa acara ini adalah acara syukuran. Acara menepati janji,”sebut Darwis.

“Pak Hadi kita undang, juga kita undang dan para Teman -teman, kolega dan masyarakat Batubara,”ungkapnya.

Terkait Pilkada Batubara yang mulai menghangat, terang Darwis, saat ini merupakan kesempatan dari beberapa Puak di Batubara untuk maju, bisa saja kemungkinan ada kesempatan menang. Misalnya Puak Jawa-Melayu, Melayu-Jawa, Jawa-Batak,”sebutnya.

Singgung, bahwa Drs Darwis salah satu calon Bupati yang maju pada Pilkada,

“Bukan calon, mau jadi Bupati. Karena sudah pernah Calon. Kalau Calon engak usahlah,”cetus singkat Darwis, sepertinya sinyal maju Pilkada Batubara mendatang.

Namun ditanya, bakal siapa sosok wakilnya, “Sulit menjawabnya,”sebutnya, sembari katakan, namun, yang jelas usaha tetap dijalankan takdirlah yang menentukan.

“Kita dengarkan yang terbaik dari yang terbaik, kita dengarkan nasehat nasehat petuah-petuah orang tua, jadi jalankan saja. Terakhir apa kata tadirlah,”ungkapnya.

Survei Internal Partai Nasdem di Batubara, sebut Darwis, Faktor Ketokohan itu tinggi nilainya mencapai 37 persen. Politik fragmatis masih tinggi tetapi di beberapa tempat,”terangnya.

Kenapa bisa demikian, terang Darwis, karena, nilai kemampuan pendidikan di Batubara masih rendah,”ungkapnya

Lebih lanjut, jelas Darwis , bahwa Hadi Suriono dan Darwis, sama sama back groundnya, orang pendidikan,
Orang pendidikan itu berpolitik tidak kejam, dia santun mendidik, tidak diajarkan mengajari menindas, pressing. Tetapi, diajari sejak kuliah di pendidikan dipraktekkan ke siswa, Dimana anaknya tumbuh kembang ke tingkat kepribadian yang matang,”sebutnya.

Menurut Darwis, secara makro Kabupaten Batubara, bila anggarannya dirasionalisaikan tentunya kita ini kembali ke titik nol.

“Siapapun pemimpin kedepan, Sama dengan yang dialami seorang guru. Kalau tidak, bisa stress. Yang menang bisa stres. Harus ada jiwa gurunya bila ingin membangun Batubara,”ungkapnya.

Dan dirinya, bila terpilih menjadi Bupati kedepan akan membuat anggaran yang dirasionalisasikan itu harus digerakkan berdasarkan potensi daerah yang ada di Batubara.

Potensi yang cepat mendongkrak APBD selain lobi-lobi pusat mengintip sisa belanja kementrian kita harus kencang di bidang pariwisata,”terangnya

Kesimpulannya, sosok yang harus orang yang betul betul orang tahan uji untuk memulihkan anggaran di Batubara,”pungkasnya.

Hal senada juga di ungkapkan DR (c) H Hadi Suriono,SE,MM sepakat seperti pernyataan Pak Darwis.

Menurut Hadi, Skala prioritas daerah itu penting, bukan selera. Skala prioritas itu adalah kebutuhan bukan keinginan. Sehingga, dalam penggunaannya bisa tepat sasaran pada kebutuhan,”sebutnya sembari mengatakan Sektor pendidikan dan kesehatan harus mendapatkan forsi yang lebih baik dibandingkan dibandingkan pembangunan infrastruktur,”inhkapnya.

Setidaknya, kita mengetahui topografi kabupaten batubara harus dikuasai untuk prinsip pemerataan agar tidak terjadi kesenjangan pembangunan di daerah.

RN/holong/red

Pos terkait