Dukung Ketahanan Pangan Nasional Lewat Program Unggulan TNI AD, Kasad: Kita Keroyok Ramai-Ramai Demi Sejahterakan Petani

refubliknews.com,-Kendari | KSAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc.,mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersatu padu membantu pemerintah untuk mensejahterakan petani lewat berbagai program unggulan TNI Angkatan Darat.

Program-program unggulan TNI Angkatan Darat yang sedang berjalan saat ini, diantaranya program Ketahanan Pangan, dan program TNI Angkata Darat Manunggal Air. Tidak terkecuali diwilayah Sulawesi Tenggara yang kerap di juluki sebagai ‘Bumi Anoa’.

Hal tersebut diungkapkan Kasad, dalam lanjutan kunjungan kerjanya diwilayah Korem 143/Halu Oleo Kendari. Disela-sela kegiatan penanaman perdana bibit jagung di Desa Nanga-Nanga Kendari, di lahan ketahanan pangan yang dikelola Korem 143/HO, bersama kelompok tani setempat, pada Sabtu 4 Mei 2024.

“Program ini kita buat hampir diseluruh daerah, dan ini mungkin juga salah satu yang cukup baik. Dengan lahan seluas 25 hektare, segala macam ada, lahan jagung, peternakan sapi, ayam dan ikan juga ada. Ini hasil kerjasama semuanya. Kalau tidak dikeroyok ramai-ramai petani akan kesulitan meningkatkan hasil pertanian dan kesejahteraannya,” ungkap Kasad, kepada awaq media dilokasi.

Program penanaman jagung ini merupakan langkah strategis, baik dalam mendukung program ketahanan pangan nasional, serta mempererat hubungan antara TNI AD, pemerintah daerah, instansi terkait, dan masyarakat. Pemilihan Desa Nanga-Nanga di Kendari sebagai lahan ketahanan pangan juga lantaran lokasi desa tersebut terletak di pedalaman yang menjadi salah satu fokus target pembangunan pemerintah daerah.

Selain menjadi perwujudan sinergi mencapai ketahanan pangan nasional, kegiatan ini juga sekaligus menegaskan bahwa TNI AD bukan hanya sebatas melaksanakan tugasnya di sektor pertahanan. Tetapi, juga berperan signifikan dalam mendukung pemvangunan di berbagai sektor lainnya, termasuk pertanian.

Kegiatan tanam perdana tersebut, juga dihadiri para pejabat daerah setempat, tokoh masyarakar, serta para petani diwilayah itu. Semuanya turut ambil bagian dalam menanam bibit jagung berkualitas unggul yang sengaja dipilih dengan harapan dapat meningkatkan produktivitas pertanian diwilayah itu, yang pada akhirnya memberikan dampak pisitif bagi kesejahteraan masyarakat.

Dalam kegiatan itu, Kasad yang di dampingi Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana, Ny. Uli Simanjuntak, Pangdam XIV/Hasanuddin, Mayjen TNI Bobby Rinal Makmun, Danrem 143/HO, Brigjen TNI Raden Wahyu Sugiarto, Pj Gubernur Kendari, Komjen Pol Andap Budhi Revianto, juga melakukan tebar benih ikan lele dan nila dikolam bioflok, pelepasan burung, penanaman pohon buah, yang dilakukan serentak di jajaran Kodam XIV/Hasanuddin, serta peninjauan ke kandang sapi, juga berdialog dengan masyarakat setempat.

Usai melaksanakan kegiatan di Desa Nanga-Nanga, Kasad beserta rombongan kemudian meninjau pameran UMKM dan pasar murah, dan dilanjutkan dengan memberikan pengarahan kepada prajurit, PNS dan anggota Persit KCK, serta memberikan santunan kepada Keluarga Besar TNI yang sakit, juga kepada anak yatim piatu.

Sumber: Dispenad

RN/raffa christ manalu/red

Pos terkait