Dubes Hongaria H.E Lilla Karsay Berikan Kuliah Umum Kepada Pasis Dikreg Ke-52 Sesko TNI

refubliknews.com,
PENHUMAS-SESKO TNI,- Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Hongaria H.E. Lilla Karsay memberikan Kuliah Umum kepada Perwira Siswa (Pasis) Pendidikan Reguler (Dikreg)Ke-52 Sesko TNI TA. 2024, bertempat di Kelas Besar Graha Widya Adibrata, Sesko TNI, Bandung, Kamis (2/5/2024).

Diterima oleh Komandan Sesko TNI Marsekal Muda TNI Arif Widianto, S.A.B., M.Tr(Han)., CHRMP., beserta para Pejabat Utama, di Ruang VIP Gedung Sudirman, Dubes Hongaria menyampaikan rasa bangganya dapat berkunjung ke Sesko TNI sekaligus berkesempatan memberikan Kuliah Umum kepada para Pasis yang meliputi Pasis TNI AD, TNI AL, TNI AU, Polri, dan Pasis Manca Negara sejumlah 187 orang, dengan tema “The Strategic Framework Of Hungaria Foreign Policy And Cooperation With Indonesia”. Sebelum memberikan pembekalan kepada Pasis, Dirkersamik Sesko TNI Marsma TNI Semri Bija membacakan biodata penceramah.

Dalam kuliahnya Yang Mulia Ibu Lilla Karsay memulai dengan memberikan pandangan umum tentang tonggak sejarah negara Hongaria sejak akhir abad Ke-9 sampai masa transisi ke demokrasi tahun 1990an. “Hongaria berusaha untuk mempromosikan perdamaian, kedamaian, stabilitas, kesejahteraan warganya, pembangunan ekonomi, dan realisasi nilai-nilai demokrasi”, tegas H.E. Lilla Karsay.

Hongaria merupakan negara terkurung daratan di Eropa Tengah dengan ibukota Budapest, menerapkan prinsip-prinsip utama kebijakan luar negerinya saat ini yaitu Hongaria yang kompetitif di Uni Eropa, sukses di kawasan, dan bertanggung jawab di dunia. Kehadiran aktifnya ditandai dengan bergabungnya Hongaria dengan Uni Eropa sejak tanggal 1 Mei 2004, dan berpartispasi dalam operasi dan inisiatif NATO sejak tahun 1994.

“Hubungan bilateral Hongaria dan Indonesia sejak tahun 1955, 68 tahun hubungan diplomatik”, terang H.E. Lilla Karsay, yang telah menjabat Dubes Hongaria sejak tahun 2021.  “Kebijakan membuka diri ke timur ditandai dengan kunjungan tingkat tinggi secara rutin, kerjasama ekonomi, kemanusiaan, budaya dan pendidikan”, tambahnya.

Kerjasama dalam transfer teknologi, pembangunan infrastruktur dan menyediakan beasiswa, hampir 1000 beasiswa pendidikan tinggi bagi mahasiswa ASEAN melalui program beasiswa Stipendium Hungaricum. Jurusan paling populer yang diincar kalangan pelajar dan mahasiswa asal Indonesia adalah ilmu komputer dan teknologi informasi. Pilihan lainnya yaitu ilmu ekonomi, ilmu teknik, ilmu kedokteran dan kesehatan, serta pariwisata dan perhotelan.

Kuliah umum yang berlangsung selama kurang lebih dua jam ini, diakhiri dengan diskusi tanya jawab, penyerahan cendera mata, dan foto bersama. Dihadiri oleh Wadan Sesko TNI Mayjen TNI Budi Eko Mulyono, S.Sos., M.M., para Pejabat Utama Sesko TNI, serta para Dosen/Patun Sesko TNI.

RN/sayim/red

Pos terkait