Kunjungan Hari Raya Idul Fitri ke Lapas dan Rutan DKI Jakarta: Suasana Aman dan Tertib

refubliknews.com,
JAKARTA – Pada hari ke-6 layanan kunjungan untuk keluarga warga binaan melalui Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) wilayah Kanwil DKI Jakarta Kumham RI, tetap ramai meskipun menjelang selesainya Perayaan Hari Raya Lebaran.

Di tengah-tengah kota yang tampak lenggang karena libur panjang, kegiatan-kegiatan Halal Bi Halal menjadi sorotan utama bagi awak media, termasuk kunjungan di Mahkamah Konstitusi (MK).

Namun, fokus utama bagi kami, awak media, adalah memantau langsung kegiatan di 4 Lapas dan 3 Rutan jajaran Kanwil DKI Jakarta Kumham RI.

Layanan Kunjungan Hari Raya Idul Fitri 1445 H di Lapas Kelas I Cipinang, Hari Selasa, 16 April 2024, menjadi momen penting dengan dilaksanakannya layanan kunjungan di Lapas Kelas I Cipinang mulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 15.30 WIB.

Dalam waktu tersebut, jumlah pengunjung pada pagi hari mencapai 215 orang, sementara pada siang hari mencapai 359 orang. Total petugas layanan yang turut serta adalah sebanyak 49 orang.

Kunjungan berlangsung dengan aman dan kondusif, dengan keluarga WBP menyampaikan apresiasi atas kesempatan bersilaturahmi dengan anggota keluarga yang masih berada di Lapas. Komentar dari salah satu keluarga menyatakan,

“Kami sangat bersyukur atas kesempatan ini, dapat bertemu dan berbagi kebersamaan meskipun di dalam situasi yang terbatas.”

Pelaksanaan kunjungan Hari Raya Idul Fitri 1445 H di Lapas Narkotika Kelas IIa Jakarta dilaksanakan dengan tatap muka di area lapangan yang disediakan, dilengkapi dengan alas dan tenda untuk kenyamanan.

Jumlah pengunjung pada hari pertama mencapai 1581 orang, meningkat menjadi 2027 orang pada hari kedua, dengan total warga binaan yang turut serta mencapai 2.820 orang.

Pelaksanaan kunjungan tersebut berjalan dengan lancar dan tertib, menciptakan suasana yang positif bagi keluarga yang berkunjung. Salah satu pengunjung menyampaikan,

“Kami merasa terbantu dan dihargai atas kesempatan ini, dapat menjalin hubungan yang erat meskipun dalam kondisi yang mungkin sulit.”

Kegiatan kunjungan tersebut merupakan wujud dari komitmen Pemerintah dalam memastikan hak asasi manusia dan menjaga keberlangsungan hubungan keluarga, terutama dalam momen penting seperti Hari Raya Idul Fitri.

RN/maya/red

Pos terkait