Rekrutmen Pelatihan Pendamping PPH BPSH KAHMI Perdana Disambut Penuh Antusias oleh Peserta

refubliknews.com,
Jakarta, 04/04/2014 Kamis, 04 April 2024 Resmi dibuka Rekrutmen Pelatihan Pendamping Proses Produk Halal (PPH) Badan Penyelenggara Sertifikasi Halal (BPSH) Korps Alumni Mahasiswa Islam (KAHMI) disambut penuh antusias oleh Peserta, meski diselenggarakan secara daring di bulan Ramadhan tidak membuat surut spirit atau semangat interaksi antara penyelenggara, pemateri dan peserta.

Meski dibuka langsung dengan materi kemudian disusul oleh Pembukaan secara resmi, antusias dan semangat peserta cukup intens dalam melontarkan rasa ingin tahu yang begitu mendalam juga keseriusannya akan mendampingi para pelaku usaha kedepannya. Diukur melalui metode pre-test, skor awal pemahaman peserta terkait hal ini cukup memuaskan. Harapan dari penyelenggara ialah ketika post-test nanti pemahaman serta praktik di lapangan kedepannya dapat mengalami perubahan secara signifikan serta bermanfaat bagi kemaslahatan umat.

Disambut resmi oleh Ketua BPSH KAHMI, Rudi Sihabuddin dan didampingi oleh Sekretaris Bang Burhanuddin M.Zain serta Bendahara Yunda Lisa, para pengurus kompak menyampaikan bahwasanya “Keluarga besar HMI dan KAHMI ini tidak perlu diragukan bahwa kita adalah komunitas intelektual, insan akademis, pencipta, pengabdi yang bernafaskan Islam demi terwujudnya masyarakat adil dan makmur yang diridhai Allah SWT.

Di atas insan akademis itu jika diredefinisi ulang dengan yang aktual sekarang saya lebih suka menyebutnya sebagai intelektual organik atau yang dikenalkan oleh Ali Syari’ati sebagai Rausyanfikr ialah orang-orang yang tercerahkan, intelektual yang sadar dengan tanggung jawab umat, sadar dengan tanggung jawab sosialnya, dan sadar dengan tanggung jawab umat dan kebangsaannya. Hal ini sejatinya sudah lama dirilis oleh Cak Nur tentang keumatan, keislaman dan keindonesiaan. Tokoh-tokoh HMI dan KAHMI telah berkontribusi nyata dalam perjalanan keumatan, fakta sejarah juga literatur telah menulis perihal itu semua.” ujarnya.

Senada dengan hal itu, presidium KAHMI, Abdullah Puteh meresmikan pembukaan Rekrutmen Pelatihan Pendamping PPH dalam keynote speechnya “Pada hari ini 24 Ramadhan kita dapat melakukan sebuah kegiatan yang insya allah mempunyai sebuah catatan yang luar biasa dalam perjalanan KAHMI hari ini dan kedepan karena program yang kita lakukan pada hari ini disebutkan program Pelatihan Pendamping Proses Produk Halal (P3H) dan kita bersyukur bahwa ini kegiatan merupakan partisipasi kita dalam pembangunan nasional karena program sertifikasi halal ini sudah dimulai pada tahun 1976.

Kita lihat sampai sekarang itu sudah hampir 50 tahun tapi di tengah bangsa kita hal ini belum kelihatan gelagat dan geliatnya yang cukup memuaskan. Tentu saya sangat apresiasi kegiatan ini yang disponsori oleh BPSH KAHMI, inilah kegiatan yang menurut saya luar biasa dan harus saya akui merupakan salah satu bentuk partisipasi HMI dan KAHMI dalam pembangunan nasional kita.

Saya juga berharap ini dapat dijadikan contoh oleh teman-teman kita baik di tingkat nasional maupun di daerah untuk melakukan partisipasi yang tidak henti-hentinya dalam semua program pembangunan bangsa kita. Oleh karena itu kita tahu bahwa program ini tentu saja merupakan tanggung jawab kita sebagai sebuah bangsa dengan penduduk mayoritas muslim di tengah-tengah dunia, tanggung jawab ini patut kita ambil sebab menjadi contoh bagi umat sedunia.” tuturnya.

Ketua LPH-BPSH KAHMI, A.B. Yulianto menyampaikan bahwa rekrutmen Pelatihan Pendamping PPH BPSH KAHMI memuat beberapa materi pokok diantaranya; Kebijakan Umum dan Regulasi Jaminan Produk Halal (JPH) oleh Mahdisin dari BPJPH, Ketentuan
Syariat Islam terkait JPH oleh Dr. Hj. Malikhatul Hidayah, M.Pd., M.T dari Komite Fatwa Produk Halal Kemenag RI, Pendampingan PPH dan Pendamping PPH, Pengetahuan Bahan, dan Proses Produk Halal (PPH) oleh Laila Purnamasari S.E., M.M sebagai Penyuluh P3H, dan terakhir Verifikasi dan Validasi serta Digitalisasi dan Dokumentasi P3H oleh Esti Ginting sebagai Penyuluh P3H.

Selain itu, sebelum penutupan juga Peserta direview dan mempresentasikan tugas yang diberikan oleh penyelenggara agar dapat mematangkan pemahaman serta aktualisasi materi yang didapatkan dalam proses ini.

Acara yang berlangsung selama 3 hari ini di pandu dan dimoderatori oleh Yunda Elva Septinawati, SE, MM dari BPSH KAHMI serta diikuti dengan baik oleh seluruh peserta dengan mengikuti arahan dari para narasumber yang telah berpengalaman dalam melakukan pendampingan halal serta bersertifikasi.

Metode pelatihan selain dengan mengikuti ceramah juga dilakukan praktik-praktik dan mengumpulkan tugas sebagai bagian dari kelulusan serta ditutup dengan Post Test. Dalam penutupannya pada Sabtu, 6 April 2024. Direktur Lembaga Pendampingan Proses Produk Halal (LP3H) BPSH KAHMI, Almini menyampaikan “Dengan memahami implikasi positif yang dimiliki oleh keharusan sertifikasi halal di Indonesia, langkah-langkah untuk mengimplementasikan regulasi tersebut menjadi penting untuk memastikan keamanan, kesejahteraan dan kepercayaan, dari masyarakat Indonesia dapat terus menguatkan
ekosistem halal yang inklusif dan berkualitas” pungkasnya.

Terakhir dalam menyambut hari lebaran seluruh pengurus BPSH KAHMI Menyampaikan Selamat Hari Raya Idul Fiitri, Mohon Maaf Lahir Batin kepada seluruh peserta, semoga semua juga bias lulus sesuai dengan harapan semua pihak dan kewajiban halal pada tahun 2024 ini terpenuhi dengan baik.

RN/indah/red

Pos terkait