Jelang Lebaran, P0LISI RESOR Purwakarta Gelar Rakor Lintas Sektoral

refubliknews.com,
Purwakarta, -Polres Purwakarta Polda Jawa Barat menggelar Rapat Koordinasi lintas sektoral terkait kesiapan menghadapi Idulfitri 1445 Hijriah,

Kegiatan yang digelar di Aula Tatag Trawang Tungga, Polres Purwakarta itu dipimpin langsung Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain.

Bacaan Lainnya

Rakor tersebut dihadiri Sekda Purwakarta, H. Norman Nugraha, Kepala Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Purwakarta, DR. H Hanif Hanafi, para kepala OPD, unsur TNI dari Kodim 0619/Purwakarta, para stakeholder, tokoh agama dan masyarakat.

Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain mengatakan, Rakor ini bertujuan untuk menyelaraskan langkah-langkah strategis dan antisipasi yang diperlukan dalam rangka mengamankan perayaan Idul Fitri dengan berbagai langkah strategis dan antisipasinya.

“Rakor membahas berbagai aspek terkait kesiapan pengamanan, kesiapan dan ketersediaan sembako, arus mudik, perkiraan cuaca termasuk pemetaan potensi kerawanan, strategi pengamanan, serta penempatan personel dengan Harapan Hari Raya Idul Fitri Dapat berjalan dengan aman, lancar, dan damai,” ucap pria yang akrab disapa Edwar itu.

Kapolres menambahkan, pentingan kerja sama lintas sektoral dalam menjaga keamanan terutama dalam momen perayaan hari besar keagamaan seperti hari raya Idul Fitri dan lain-lain.

“Tentunya dengan koordinasi yang baik antar instansi akan menjadi kunci keberhasilan dalam menjaga ketertiban dan keamanan,”

Selain itu, kata Edwar, Rakor hari ini juga dimaksudkan untuk bersinergitas antara pemerintah daerah, TNI, Polri, maupun instansi terkait, sehingga terjadi keterpaduan gerak langkah di lapangan dalam memberikan pelayanan dan perlindungan kepada masyarakat.

“Melalui Rakor ini diharapkan dapat sekaligus para instansi terkait dapat menyampaikan kesiapan-kesiapannya. Sehingga diharapkan apa yang menjadi kendala dan hambatan akan dapat teratasi,” ucap Edwar Pada Awak Media

Sementara, Sekda Purwakarta, H Norman Nugraha mengatakan,  rakor lintas sektoral tersebut merupakan sinergitas dan tanggung jawab bersama untuk memastikan pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah dapat berlangsung dengan aman, lancar, tertib, dan damai.

“Kita harus mempersiapkan dari aspek keamanan, kenyamanan dan kelancaran bagi pemudik, kemudian aspek kebutuhan infrastruktur untuk beberapa jalur yang dilalui oleh pemudik dan sarpras utk pelaksanaan pengamanan mudik dan dari aspek bagaimana kita memastikan ketersediaan bahan pokok bagi masyarakat.

RN/M.hasiholan.s/red

Pos terkait