Pj Bupati Tapteng Serahkan 360,89 Ton, Bantuan Pangan Cadangan Beras Pemerintah Kepada Keluarga Penerima Manfaat

refubliknews.com,
PANDAN – Pj Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng), Dr. Sugeng Riyanta, SH., MH, menyerahkan secara simbolis Penyaluran Bantuan Pangan Cadangan Beras Pemerintah (CBP), kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM), kegiatan ini dilaksanakan di Kantor Pos Pandan, Selasa (25/03/2023).

Pj Bupati Tapanuli Tengah Dr. Sugeng Riyanta, SH., MH, dalam sambutannya menyampaikan Penyaluran akan dilaksanakan sebanyak 2 Tahap. Tahap I (pertama) diberikan pada Januari-Maret 2024 dan Tahap II (kedua) diberikan pada bulan April-Juni 2024. Penyaluran Bantuan Pangan untuk Kabupaten Tapteng, Bulan Maret 2024 sebanyak 36.089 KPM x 10 kg = 360.890 Kg (360,89 Ton).

Bantuan Pangan Beras merupakan Program Pemerintah berupa penyaluran beras yang bersumber dari stok Cadangan Beras Pemerintah (CBP) yang dikelola Bulog yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Program ini merupakan salah satu pemanfaatan CBP sesuai amanat Peraturan Presiden nomor 125 Tahun 2022, tentang Pengelolaan Cadangan Pangan Pemerintah

Selanjutnya Pj Bupati menjelaskan, Basis Data Penerima Bantuan Pangan Beras yang digunakan di tahun 2024 adalah dari data Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrim (P3KE) yang dikelola oleh Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PKM), jadi bapak ibu yang menerima beras sudah terdata di Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Kemenko PKM.

Pj Bupati Tapteng menambahkan, Bantuan Pangan Beras ini bersumber dari APBN adalah hak masyarakat, hak bapak ibu uangnya bersumber dari masyarakat dari bayar pajak, jadi uang dari masyarakat dan dikembalikan lagi kepada masyarakat, dengan adanya pembagian Beras Cadangan Pangan Pemerintah, diharapkan agar dapat dimanfaatkan dengan baik, guna memenuhi kebutuhan pangan keluarga. Bantuan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian pemerintah kepada masyarakat untuk membantu pemenuhan pangan serta dapat menekan inflasi.

Diakhir sambutannya Pj. Bupati Tapteng menegaskan Pembagian Bantuan beras ini tidak ada hubungannya dengan politik, tapi Bantuan Beras ini bertujuan membantu kebutuhan pangan masyarakat.

Turut dihadir Plh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Tapteng, Drs.Hikmal Batubara, Pimpinan OPD Tapteng, Camat Pandan, Kades/Lurah se-Kecamatan Pandan , Pimpinan Kacab forum Bulog Sibolga Afrinaldi Sinaga, Kepala Kantor Pos Sibolga Novel dan warga Keluarga Penerima Manfaat berupa beras.

RN/Sefri Fernando Siahaan./red

Pos terkait