Gerak Cepat, Personel Posal Meulaboh Evakuasi Nelayan Meninggal di Perairan Meulaboh Menggunakan Patkamla I.1.30/Pulau Rondo

refubliknews.com,
TNI AL, Sabang,- Personel Posal Meulaboh bersinergi dengan Airud Polres Aceh Barat, Polsek Johan Pahlawan dan Nelayan Aceh Barat melaksanakan evakuasi terhadap nelayan yang meninggal di Perairan Meulaboh Kabupaten Aceh Barat dengan menggunakan Patkamla I.1.30/Pulau Rondo milik Posal Meulaboh, Senin (12/2/2024).

Adapun kronologis singkat, pada Jum’at (9/2) pukul 17.00 WIB, korban diturunkan untuk berobat ke Meulaboh dari KM. Usaha Maju 01 ke KM. Mega Lestari yang akan pulang ke Meulaboh dengan perkiraan perjalanan sekitar 4 hari (300 Mil dari Meulaboh).

Bacaan Lainnya

Namun dalam perjalanan pada Senin (10/2) sekitar pukul 21.30 WIB dengan jarak 60 Mil dari Meulaboh, korban mengalami kambuh lambung disertai muntah-muntah hingga menyebabkan meninggal dunia.

Sekjen Panglima Laot Aceh Barat melaporkan kejadian tersebut ke Posal Meulaboh perihal adanya nelayan yang meninggal di laut disebabkan sakit lambung. Menindaklanjuti laporan tersebut, Komandan Posal Meulaboh Lettu Laut (S) Popy Julianto Saputra melaporkan ke Komando Atas dan melaksanakan koordinasi dengan instansi setempat untuk bersama-sama melaksanakan evakuasi terhadap korban atas nama Irwandi (40 tahun), yang beralamat di Dusun Timu Kelurahan Jangka Ketapang Kecamatan Jangka Kabupaten Bireuen, yang diduga meninggal karena sakit lambung.

Personel Posal Meulaboh bersama Airud Polres Aceh Barat, Polsek Johan Pahlawan, dan Masyarakat setempat bergerak dari dermaga Patkamla Posal Meulaboh menggunakan Patkamla I.1.30/Pulau Rondo untuk mengevakuasi korban dari KM. Mega Lestari pada jarak sekitar 8 Mil dari Meulaboh.

Selanjutnya jenazah dievakuasi menuju RSUD Cut Nyak Dhien untuk otopsi, didampingi oleh pihak keluarga dan akan dimakamkan di kampung halamannya di Kabupaten Bireun.

Komandan Lanal Sabang Kolonel Laut (P) Son Haji Hariyoko, M.Tr.Hanla., M.M., memberikan apresiasi terhadap reaksi cepat Personel Posal Meulaboh dalam melaksanakan evakuasi terhadap korban meninggal di Perairan Meulaboh. Hal tersebut sesuai dengan penekanan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) agar Personel TNI AL selalu hadir ditengah-tengah masyarakat dan memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar.

(Pen Lanal Sabang)

RN/awaludin/red

Pos terkait