Panwaslu Kecamatan Cibatu, Kukuhkan Sebanyak 86 Orang PTPS Tingkat Kecamatan

refubliknews.com,
Purwakarta | Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Cibatu, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat menggelar acara kegiatan Pengukuhan dan Bintek Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) tingkat Kecamatan Cibatu, Kabupaten Purwakarta.

Acara pengukuhan pengawas TPS tingkat Kecamatan tersebut, disaksikan langsung Camat Cibatu, Muhammad Kosim, Ketua Bawaslu Kabupaten Purwakarta, Yusup Suprianto, SH, Ketua PPK Kecamatan Cibatu, Kapolsek Cibatu dan perwakilan dari Danramil Cibatu, digelar di Aula Desa Cipinang, Kecamatan Cibatu, Kabupaten Purwakarta, pada Senin 22 Januari 2024.

Sebanyak 86 orang pengawas TPS tingkat Kecamatan Cibatu yang dikukuhkan, ada sekitar 25 % dari keterwakilan perempuan, yakni sebanyak 32 orang. Sementara laki-laki berjumlah 54 orang.

Ketua Panwaslu Kecamatan Cibatu, Farida Hanafi, ST, ketika ditemui dikantornya mengatakan, pengawas TPS ini akan melakukan tugasnya di TPS selama kurang lebih sebulan. Mereka bertugas semenjak prosesi pengukuhan hingga sampai pemungutan suara pemilu. Pengawas TPS akan mengemban tugas pokoknya.

“Pengawas TPS ini akan bertugas selama kurang lebih satu bulan, mereka bertugas semenjak dikukuhkan hingga proses pemungutan suara pemilu selesai. Tugas pokonya adalah mengawasi jalannya pemilu dan dugaan adanya pelanggaran pemilu,” kata Hanafi.

Ia juga menjelaskan, pengawas TPS yang mendaftarkan diri ingin menjadi PTPS tingkat kecamatan sebanyak 95 orang. Namun, yang lolos ferifikasi pendaftaran dan yang berhasil dikukuhkan berjumlah 86 orang.

“Pendaftaran calon PTPS dari awal sebanyak 95 orang, namun yang lolos dan sudah dikukuhkan berjumlah 86 orang,” jelasnya.

Usai acara pengukuhan, lanjut Hanafi, para PTPS yang dikukuhkan langsung mengikuti bimbingan tehnik (Bintek), dan yang menjadi pemateri dalam pelaksaan bintek dipimpin langsung oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Purwakarta, Dian Hadiana.

“Usai acara pengukuhan, seluruh PTPS langsung mengikuti acara bimbingan tehnik (Bintek) yang dpimpin langsung Ketua KPU Purwakarta, Dian Hadiana,” ujarnya.

“Kegiatan bintek ini dalam rangka memberikan edukasi kepada PTPS dalam menjalankan tugas-tugas pokoknya dilapangan,” tambahnya.

Hanafi berharap, dengan dikukuhkannya PTPS tingkat Kecamatan Cibatu, mudah-mudahan mereka bisa menjalankan tugasnya secara profesional, dan tetap menjaga kesehatan agar nanti pada saat pemilu, mereka semua bisa bekerja disetiap TPS-TPS yang ada diwilayah Kecamatan Cibatu.

RN/raffa christ manalu/red

Pos terkait