Peduli Lingkungan, Polres Purwakarta Ikut Lakukan Penanaman Pohon Serentak

refubliknews.com,
Purwakarta – Polres Purwakarta, Polda Jawa Barat bersama instansi terkait melaksanakan kegiatan penanaman sepuluh juta pohon secara serentak di seluruh Republik Indonesia.

Kegiatan tersebut dilaksanakan Desa Cilangkap, Kecamatan Babakancikao, Kabupaten Purwakarta, Pada Rabu, 15 November 2023.

Bacaan Lainnya

Penanaman pohon serentak ini merupakan inisiatif dari Institusi Kepolisian RI, khususnya Polres Purwakarta, sebagai upaya melestarikan alam, mencegah banjir, menjaga habitat, dan mengurangi polusi udara di wilayah Kabupaten Purwakarta.

Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain melalui Wakapolres, Kompol Ahmad Mega Rahmawan menjelaskan, kegiatan ini serentak dilakukan jajaran Polri di seluruh Indonesia dengan menanam 10 juta pohon.

Ia menambahkan, kegiatan penanaman pohon tersebut dalam rangka berkontribusi untuk mencegah perubahan iklim agar lingkungan lebih baik lagi dan lebih hijau.

“Penanaman ini dilakukan agar lingkungan lebih hijau di tengah perubahan iklim saat ini serta sebagai antisipasi serta penanggulangan bencana alam,” ucap Pria yang akrab disapa Mega itu pada awak media

Dia menambahkan, kegiatan penanaman pohon ini tidak hanya dilakukan oleh anggota Polri tapi bersinergi dengan TNI serta unsur komponen masyarakat lainnya.

Mega mengajak seluruh masyarakat di Kabupaten Purwakarta agar bersama-sama menjaga lingkungan.

“Ayo, mari kita jaga alam lingkungan kita bersama dimulai dari kita sendiri sehingga kita dapat terhindar dari bencana alam,” ujarnya.

Mega berharap, kegiatan penanaman pohon ini bisa menjadi salah satu solusi dalam pencegahan bencana alam dan perubahan iklim di Indonesia, khususnya Kabupaten Purwakarta.

“Dengan dilakukannya penanaman pohon atau penghijauan ini diharapkan dapat melestarikan lingkungan, agar lingkungan kembali asri, sehat dan mengurangi pencemaran udara. Sehingga akan menurunkan suhu suatu tempat mengingat banyaknya oksigen yang dikeluarkan oleh tumbuhan akan membuat lingkungan lebih segar, teduh dan nyaman,

RN/M.hasiholan.s/red

Pos terkait