Majelis Binarohani Mengadakan Maulid Nabi Muhammad Saw Dengan Tema Orang Pintar Itu Seperti Cangkir

refubliknews.com,
Kapuk Muara,-

Bulan Rabiul Awal bagi umat Islam menjadi salah satu momen yang memiliki kedudukan istimewa. Di Bulan ini, Nabi Muhammad SAW dilahirkan. Setiap umat Islam di belahan Nusantara menyambut kedatangan bulan ini dengan beragam acara peringatan maulid, salah satunya seperti dilaksanakan oleh Pimpinan Binaruhani DR.KH.Hermawan Al Hafidz MA atau yang biasa dipanggil Aby Wan

Pada peringatan maulid Nabi kali ini, Aby Wan mengundang berbagai elemen masyarakat mulai dari pejabat, alim Ulama, Tokoh Masyarakat,jamaah majelis taklim, RT, RW, LMK, FKDM, Karang Taruna, Serta Organisasi masyarakat dan sejumlah elemen masyarakat lainnya untuk datang ke Pondok Pesantrennya untuk mengikuti berbagai kegiatan keagamaan dan sosial diantaranya dzikir, dan tausiah agama

Kegiatan maulid Nabi kali ini diisi dengan tausiah oleh ustadz M Syofwan dengan julukan Jaka Gledek bersama ustadz Fahry SMS pemain sinetron tuyul millenium acara pun dimeriahkan dengan penampilan hadroh Tanwirul Qulub jama’ah remaja masjid Nurul hijrah rumah susun kapuk muara pimpinan ustadz Akhyar

“Ketika zaman jahiliyah, Islam datang membawa pesan akhlak. diantaranya,pada jaman nabi Nuh semua pengikut yang beriman kepada Allah dan mengakui ke nabian Nuh AS diperintahkan Allah untuk membuat satu buah kapal besar dan bila saatnya nanti Allah akan mengazab umat nabi Nuh AS maka Allah memerintahkan nabi Nuh as untuk naik ke atas kapal yang telah dibuat oleh nabi Nuh as dan banjir datang sesuai dengan. Apa yang Allah janjikan bagi pengikut yang ikut bersama nabi Nuh as akan selamat serta yang tidak ikut bersama dengan nabi Nuh terbenam di gulung air bah begitu juga dengan anak kandungnya nabi Nuh as ikut pula tenggelam bersama dengan para pengikut yang tidak mau mengakui bahwa Allah adalah Tuhan yang wajib kita sembah ” dalam ceramah ustadz M Syofwan berkata

“Kedua soal tauhid, baginda rasul mempertaruhkan nyawa untuk menyebarkan dakwah tauhid ditengah tradisi bangsanya yang menyembah berhala. Tetapi demikian, baginda rasul menyebarkan Islam dengan mengedepankan akhlak. dan itu pun diikuti oleh walisongo yang berdakwah dengan mengedepankan akhlak di Nusantara,” lanjutnya.

Kyai Aby Wan dalam tausiahnya menyampaikan, akhlak dan cinta harus terus dijaga kepada lima hal ini. Pertama, kepada Allah SWT dengan cara terus berdzikir dan beribadah. Kedua, kepada Rasulullah SAW dengan cara bersholawat.

“Ketiga, kepada orang tua dengan cara mendoakan dan berbakti saat mereka masih hidup atau sudah meninggal. Ke empat, kepada para guru doakan agar diberi keberkahan dalam kehidupan mereka. Terakhir, kepada seluruh mahluk Allah SWT yang muslim maupun non muslim,” kata kyai Aby Wan kembali berucap

Ustadz Fahry SMS menyampaikan bahwa figur yang diperingati setiap bulan Rabiul Awal adalah bukan sembarang orang. Menurutnya, sosok Nabi Muhammad SAW merupakan insan paling mulia diantara semua manusia dimuka bumi.

“Baginda Nabi Muhammad SAW adalah manusia yang sudah mulia, bahkan sebelum dirinya lahir. Nabi Adam AS menyebut nama Muhammad dalam doanya padahal orangnya belum ada. Saat itu Nabi Adam AS melihat nama Muhammad bersanding dengan nama Allah pada tiang arsy, sehingga Nabi Adam AS yakin bahwa Muhammad adalah nama mulia disisi Allah,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu pula Aby Wan memperkenalkan serta Memohon doa kepada para jama’ah yang hadir untuk kedua putri cantiknya yang akan melanjutkan studinya ke negeri Kairo Mesir selama 3 tahun Demi meraih cita citanya.

Sementara itu juga Senator DPD RI Daerah Pemilihan DKI Jakarta Sylviana Murni memberikan Thumbler/termos untuk air panas dan kalender tahun 2024 kepada Pimpinan Pondok Pesantren Daarul Tarbiyah DR.KH.Hermawan Al Hafidz, MA untuk di bagikan kepada jama’ah yang diperkirakan berjumlah 500 orang yang hadir saat dihubungi melalui saluran seluler (hp) dari negeri Jiran Malaysia Sylviana Murni menyampaikan permohonan maaf beliau yang tidak bisa hadir berkumpul bersama dengan para ulama ustazah serta tokoh masyarakat kapuk muara dikarenakan sedang tugas Kunjungan kerja beliau sebagai Dewan DPD RI dan untuk memberikannya diwakilkan kepada Tim pemenangan Prof Dr Hj Syilviana Murni SH M.Si Jakarta Utara yaitu Eman Sulaeman

Dalam tausiyah Aby Wan bepesan
Kita tentu harus terus berusaha untuk meningkatkan kualitas pelayanan masyarakat sehingga ketentraman, keamanan, keadilan dan kesejahteraan bisa diwujudkan, sebagaimana dicontohkan oleh kepemimpinan baginda Nabi. Pesan nya itu,” katanya.

“Di era arus komunikasi publik yang sangat kencang ini, ruang komunikasi masyarakat sangat terbuka bebas, sehingga kita melihat banyak sekali berseliweran berita hoaks, fitnah dan hal hal negatif lainnya. Nabi Muhammad Saw sudah mengajarkan bagaimana cara menjaga komunikasi diantara kita semua supaya tidak terjebak ke dalam konflik. Yaitu dengan konsep tabayyun,” jelasnya.

agar para penerus bangsa ini bisa mengambil hikmah dari perjalanan hidup Nabi Muhammad SAW. Menurutnya, Nabi Muhammad SAW bukan hanya pendakwah, melainkan juga pemimpin yang disegani oleh dunia.

“Saya doakan semoga ananda sekalian bisa meniru dan mencontoh baginda Nabi Muhammad SAW yang saat ini kita tahu beliau bukan hanya penyebar ajaran Islam, tapi juga sosok pemimpin yang berhasil mempengaruhi dunia, beliau masuk sebagai tokoh pertama yang berpengaruh di dunia,” tandasnya.

RN/Eman Sulaeman/red

Pos terkait