Berantas Geng Motor, Fokus Perhatian Polres Purwakarta

refubliknews.com,
Purwakarta | Belasan remaja yang diduga gerombolan geng motor berhasil diamankan jajaran Polres Purwakarta, diwilayah Desa Cigelam, Kecamatan Babakancikao, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, pada Minggu 17 September 2023.

Saat diamankan oleh Tim Patroli Gabungan TNI-Polri dan Satpol PP, belasan remaja yang diduga anggota geng motor itu tertangkap tangan membawa senjata tajam sejenis celurit.

Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain membenarkan, adanya penangkapan belasan anak remaja tersebut, enam belas remaja berhasil diamankan karena beberapa remaja diantaranya membawa senjata tajam (Sajam) pada Minggu 17 September, sekira pukul 02.00 wib.

“Para remaja yang masih berstatus pelajar itu diamankan sekira pukul 02.00 wib hingga 04.30 wib, setelah adanya informasi laporan dari warga sekitar. Saat di periksa oleh petugas, dua diantaranya kedapatan membawa senjata tajam berupa celurit,” ujar Edwar.

Menurutnya, belasan remaja tersebut diamankan saat sedang nongkrong diwilayah Cigelam, Babakancikao Purwakarta. Tindakan tegas diambil lantaran ulah mereka telah meresahkan masyarakat dan mengganggu warga terutama para pengguna jalan.

Edawar juga menyebut, hal ini dilakukan dalam rangka cipta kondisi menjelang Pemilu 2024 dan antisipasi aksi curat, curat dan curanmor serta kejahatan yang meresahkan masyarakat lainnya.

“Dalam menjaga kondusifitas wilayahdari aksi geng motor dan tawuran, pihaknya melakukan kegiatan patroli malam dengan kegiatan rutin yang ditingkatkan (KRYD) pada jam-jam rawan diseluruh wilayah Kabupaten Purwakarta,” sebutnya.

Patroli ini, lanjut Edwar, rutin dilaksanakan sebagai bentuk pelayanan Polres Purwakarta kepada masyarakat untuk mencegah dan mengantisipasi terjadinya aksi geng motor, tawuran maupun gangguan keamanan lainnya yang dilakukan oleh siapapun yang tidak bertanggung jawab.

“Kami juga menghimbau kepada masyarakat agar berperan aktif dalam membantu memberikan informasi kepada kepolisian jika ada gerak-gerik yang mencurigakan,” ucapnya.

Sementara itu, belasan anak remaja jalanan dan berikut pelaku yang tertangkap tangan membawa senjata tajam serta barang buktinya, kini diamankan di Mapolres Purwakarta untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

“Saat ini, ke enam belas remaja tersebut, dalam proses pemeriksaan oleh Satreskrim Polres Purwakarta, nanti kita akan lakukan pemanggilan kepada orangtua dari masing-masing anak tersebut guna dilakukan pembinaan,” ungkap Edwar.

Diketahui, perburuan dan pemberantasan gerombolan geng motor menjadi fokus perhatian dari jajaran Polres Purwakarta, Polda Jawa Barat. Pasalnya, banyak pengaduan dari masyarakat yang merasa dan gerah dengan keberadaan berandalan bermotor tersebut.

RN/raffa christ manalu/red

Pos terkait