Guna Meningkatkan Pelayanan, Bupati Purwakarta Resmikan Gerai Teras Madukara Kecamatan Maniis

refubliknews.com,
Purwakarta | Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika, resmikan pelayanan Gerai Teras Madukara di Kecamatan Maniis, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, pada Senin 4 September 2023.

Dalam kegiatan peresmian tersebut, juga dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Purwakarta, Norman Nugraha, para Kepala OPD, Camat se-Purwakarta, tokoh masyarakat dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika menyebut, hadirnya Mal Pelayanan Publik (MPP) Bale Madukara merupakan salah satu inovasi yang dilakukan oleh pemerintah daerah Purwakarta dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Kabupaten Purwakarta.

Khususnya kepada masyarakat yang berada diwilayah Kecamatan Maniis, di ujung selatan Kabupaten Purwakarta yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

“Teras Madukara ini merupakan pengembangan dari MPP Bale Madukara untuk memberikan pelayanan maksimal dengan mendekatkan berbagai pelayanan kepada masyarakat yang dihadirkan di setiap kecamatan di Purwakarta,” ujar Anne Ratna Mustika.

Ia menjelaskan, pelayanan yang terdapat di Gerai Teras Madukara ini, diantaranya, seluruh pelayanan kependudukan, seperti pembuatan KTP, Akta Kelahiran, Kartu Keluarga dan Kartu Anak dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Purwakarta.

Kemudian, lanjut Anne, pelayanan Sidang Online dari Pengadilan Negeri, bagi warga masyarakat yang akan mengajukan permohonan ganti nama tidak usah datang ke kantor Pengadilan, tapi cukup datang ke Kecamatan, karena hakim akan memimpin sidang melalui virtual.

“Selain pelayanan kependudukan, seperti pembuatan KTP, Akta Kelahiran, Kartu Keluarga dan pelayanan sidang Online dari Pengadilan Negeri, bagi masyarakat yang ingin mengurus paspor, juga bisa di lakukan di Teras Madukara ini,” ungkap Anne Ratna Mustika.

Sementara itu, neng Puji Astuti, salah seorang warga maniis mengatakan, dengan hadirnya pelayanan gerai teras madukara di Kecamatan Maniis, sangat membantu warga yang selama ini enggan bepergian ke Purwakarta dalam rangka mengurus terkait status kependudukan.

“Ya, gimana pak, karena jaraknya yang begitu jauh ke Purwakarta, kadang kita berpikir untuk bepergian kalau harus mengurus segala sesuatu yang berkaitan dengan status kependudukan, contohnya, KTP, Kartu Keluarga, SIM dan surat-surat lainnya,” ujar neng Puji Astuti.

Ia juga mengucapkan terimakasih atas di resmikannya pelayanan gerai teras madukara yang ada di Kecamatan Maniis, karena menurutnya, gerai teras madukara Kecamatan Maniis akan mempermudah warga masyarakat maniis dalam mengurus segala bentuk surat-surat yang dibutuhkan, terutama terkait status kependudukan.

“Saya sebagai warga maniis sangat berterima kasih, dalam hal ini Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika, yang telah melakukan inovasi dalam bentuk pelayanan kepada warganya,” ungkapnya.

RN/raffa christ manalu/red

Pos terkait