Jelang Pelaksanaan KTT ASEAN, Pangdam III/Siliwangi dan Kapolda Jabar Gelar Sidak di Mapolres Karawang

refubliknews.com,
Karawang | Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) III/Siliwangi, Mayjen TNI Erwin Djatnicho, bersama Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol Akhmad Wiyagus melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di Mapolres Karawang dalam rangka pengamanan penyelenggaraan Konfrensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-43 di Jakarta, pada Jumat 1 September 2023.

Kegiatan sidak kesiapsiagaan Operasi Tri Brata Jaya 2023 ini, dilakukan Pangdam III/Siliwangi bersama Kapolda Jawa Barat, saat pelaksanaan apel gelar pasukan dalam pengamanan penyelenggaraan KTT ASEAN ke-43 yang akan di laksanakan di Jakarta.

Usai memimpin apel gelar pasukan di Mapolres Karawang, Pangdam III/Siliwangi, Mayjen TNI Erwin Djatnicho menyebut, bahwa kegiatan Operasi Tri Brata Jaya 2023 ini dilakukan dalam rangka menjaga kondusifitas selama KTT ASEAN ke-43 berlangsung.

“Kekuatan pasukan yang disiapkan di wilayah Kabupaten Karawang, kami siapkan dari Kodim 0604/Karawang, yang dibantu dari batalyon Yon Armed 9 Purwakarta sebanyak 1 SSK dan seluruh kekuatan pasukan yang ada di Polres Karawang, dengan harapan bisa menopang pengamanan yang ada di Ibu Kita Jakarta, dalam pelaksanaan KTT Asean ke-43 ini,” ucapnya.

Menurutnya, kegiatan apel gelar pasukan ini dilakukan guna mengantisipasi adanya ancaman teror yang bergerak menuju Ibu Kota Jakarta, dimana KTT Asean ke-43 diselenggarakan.

“Kami di TNI satu SSK disiapkan pasukan sebanyak 120 prajurit, termasuk dengan per SSK yang ada di Kodam III/Siliwangi,” ungkap Erwin Djatnicho.

Sementara itu, Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol Akhmad Wiyagus mengatakan, dengan adanya apel gelar pasukan ini, artinya kita menunjukkan sinergitas TNI – Polri dan Dinas Perhubungan juga Satpol PP, siap siaga untuk melaksanakan pengamanan dalam penyelenggaraan KTT Asean ke-43 di Jakarta.

“Kita ketahui bersama, bahwa Kabupaten Karawang ini merupakan salah satu daerah penyangga Ibu Kota Jakarta dari wilayah Jawa Barat, untuk sementara ini situasi dalam keadaan kondusif dan mudah-mudahan situasi akan tetap kondusif selama pelaksanaan KTT Asean ke-43 berlangsung,” kata Akhmad.

“Oleh karena itu, Saya bersama Pangdam III/Siliwangi akan selalu bersinergi dalam menjaga kondusifitas wilayah penyangga Ibu Kita di Jawa Barat, khususnya Kabupaten Karawang dan Kabupaten Bogor, yang secara langsung dalam even pelaksanaan KTT Asean ke-43 di Jakarta,” ungkap Akhmad.

Diketahui, Konfrensi Tingkat Tinggi Asean ini merupakan agenda pertemuan tahunan antara para pemimpin negara anggota perhimpunan bangsa-bangsa asia tenggara (Asean)

ASEAN sendiri terdiri dari sebelas anggota negara, diantaranya, Brunai Darussalam, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, Vietnam dan Timor Leste.

Agenda pelaksanaan Konfrensi Tingkat Tinggi Asean ke-43 ini akan di gelar pada tanggal 5 hingga 7 September 2023 di Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta Pusat.

Pelaksanaan KTT Asean ini merupakan momen penting bagi Indonesia sebagai tuan rumah untuk memfasilitasi dialog kerjasama antara para pemimpin negara anggota dan mitra Internasional, sebanyak 27 pemimpin negara dan atau organisasi internasional di perkirakan akan hadir pada KTT Asean ke-43 tahun 2023 di Jakarta.

Jumlah tersebut termasuk 18 pemimpin negara anggota KTT Ekonomi Asia Timur (EAS) Direktur Eksekutif Dana Moneter Internasional (IMF) dan Bank Dunia, pimpinan Pacific Island Forum (PIF) serta Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau.

RN/raffa christ manalu/red

Pos terkait