ZIARAH MAKAM PANGERAN JAYAKARTA

refubliknew.com,
Sebagai wujud penghormatan dan penghargaan terhadap pahlawan dan pelaku sejarah perjuangan berdirinya Jakarta, Danyonif Mekanis 201/JY pimpin Ziarah ke Makam Pangeran Jayakarta, bertempat di Jatinegara Kaum, Klender, Jakarta Timur, Senin(31/07/2023).

Ziarah ke Makam Pangeran Jayakarta merupakan tradisi rutin tahunan yang dilakukan keluarga besar Yonif Mekanis 201/JY, bertepatan dengan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 62 Yonif Mekanis 201/JY, yang jatuh pada tanggal 01 Agustus 2023, atas pengabdian dan pengorbanannya sebagai Pahlawan Kusumah Bangsa. Kegiatan Ziarah ini dipimpin oleh Danyonif Mekanis 201/JY Letkol Inf Anton Prasetyo, S.E., M.I.P didampingi oleh Ketua Persit KCK Ranting 2 Yonif Mekanis 201 Ny. Anton Prasetyo bersama Prajurit dan Persit Yonif Mekanis 201/JY

Dalam sejarahnya, Pangeran Jayakarta adalah nama lain dari Pangeran Achmad Jakerta, putra Pangeran Sungerasa Jayawikarta dari Kesultanan Banten. Pangeran Jayakarta atau Jayawikarta adalah putra Tubagus Angke dan Ratu Pembayun, Puteri Hasanuddin, anak Sunan Gunung Jati. Pangeran Jayakarta menjabat sebagai wakil dari Kesultanan Banten.

Saat tiba di area makam, Danyonif Mekanis 201/JY menerima laporan dari panitia, dilanjutkan memimpin penghormatan dan mengheningkan cipta kepada arwah pahlawan Pangeran Jayakarta dengan ditandai peletakan karangan bunga dan tabur bunga. Rangkaian ziarah diakhiri bersilaturahmi dengan tokoh agama dan tokoh masyarakat sekitar komplek makam Pangeran Jayakarta, dilanjutkan pemberian bantuan dan sumbangan untuk Masjid As Syalafiah.

RN/wawan setiawan/red

Pos terkait