Jaga Kelestarian Lingkungan Maritim, Lanal Tarempa Bersama Satuan TNI-Polri dan Pramuka di Kepulauan Anambas Tanam Mangrove Secara Massal

refubliknews.com,
TNI AL, Kepulauan Anambas,- Dalam rangka mendukung program nasional, Lanal Tarempa bersama Satuan TNI-Polri serta Pramuka Saka Bahari Kepulauan Anambas bersinergi menanam mangrove guna menjaga kelestarian lingkungan maritim, Rabu (10/05/2023).

Berlokasi di pesisir pantai sekitar wilayah Pelabuhan Antang, Desa Tarempa Timur, Kecamatan Siantan, Kabupaten Kepulauan Anambas, para personel TNI-Polri serta Pramuka Saka Bahari Anambas yang dikomandoi Danlanal Tarempa bahu membahu menanam sekitar 2500 pohon mangrove.

Penanaman mangrove kali ini merupakan bagian dari rangkaian persiapan sekaligus pemanasan sebelum pelaksanaan Kick-off Penanaman Mangrove Nasional yang dilaksanakan secara serentak dan terpusat dari Taman Wisata Alam (TWA) Angke, Kapuk, Jakarta Utara. Acara yang dijadwalkan pada tanggal 16 Mei 2023 tersebut rencananya akan dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo.

Dalam arahannya sesaat sebelum pelaksanaan kegiatan, Danlanal Tarempa Letkol Ibni Jauhari menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada seluruh personel TNI-Polri dan Pramuka Saka Bahari yang hadir dan ikut berpartisipasi.

“Terima kasih saya ucapkan kepada seluruh pihak yang telah hadir pada kegiatan penanaman pohon mangrove kali ini. Kegiatan yang kita laksanakan ini merupakan bagian dari upaya nasional dalam menjaga kelestarian lingkungan maritim dan ekosistem laut dengan berbagai manfaat yang akan diperoleh,” ujar Letkol Ibni.

Dijelaskan pula bahwa rencana kegiatan penanaman mangrove secara nasional telah diinisiasi oleh Panglima TNI sebagai implementasi nyata peran TNI bersama komponen bangsa lainnya untuk menjaga kelestarian lingkungan maritim.

Kegiatan dihadiri oleh Danlanal Tarempa, Dandim 0318/Natuna diwakili Danramil 02/Tarempa, Kapolres Anambas diwakili Kasat Polairud, Personel Lanal Tarempa, Personel Koramil 02/Tarempa Dim 0318/Natuna, Personel Polres Anambas dan Siswa/Siswi SMA dari Pramuka Saka Bahari Lanal Tarempa.

(Pen Lanal Tarempa)

RN/indah/red

Pos terkait