Asah Kemampuan Prajurit, Dandim 0502/JU Buka Latihan Uji Terampil Perorangan

refubliknews.com,
Jakarta Utara – Kodim 0502/Jakarta Utara menyelenggarakan kegiatan Uji Terampil Perorangan (UTP) bagi prajurit yang berpangkat Bintara dan Tamtama yang di gelar di Sarana Olah Raga Sunter, Kec. Tg. Priok Jakarta Utara, Rabu (1/3/2023).

Kegiatan UTP merupakan lanjutan dari latihan perorangan dasar (Latorsar) untuk mengetahui dan meningkatkan kemampuan anggota dalam penguasaan sesuai dengan jabatan yang diemban.

Bacaan Lainnya

Komandan Kodim 0502/Jakarta Utara Kolonel Inf Frega Wenas Inkiriwang, Ph.D, FHEA dalam apel sebelum pelaksanaan UTP menyampaikan, uji terampil perorangan merupakan metode untuk menguji prajurit dalam melaksanakan tugas sesuai dengan pangkat dan jabatan, baik terkait pemahaman maupun penguasaan terhadap pengetahuan yang dimiliki setiap prajurit.
“Uji terampil perorangan ini merupakan tindak lanjut dari latihan perorangan dasar (Latorsar), yang mana kegiatan ini untuk mengukur kemampuan sesuai dengan tugas dan jabatan masing- masing prajurit,” imbuhnya.

Lebih lanjut Dandim menyampaikan, dengan adanya kegiatan UTP setiap prajurit bisa mempedomani referensi yang ada dengan mengaplikasikanya sesuai dengan kondisi yang ada di lapangan. selain itu akan dapat meningkatkan kemampuan untuk menunjang tugas sebagai aparat komando kewilayahan, meskipun tuntutan tugas sebagai aparat kewilayahan cukup banyak namun kegiatan UTP harus kita laksanakan walau pelaksanaanya mundur, hal ini merupakan bagian pembinaan personel dan latihan sebagai realisasi program kerja sebagai bekal setiap prajurit ,” pungkas Dandim.

Mayor Kav Wahyuansyah NH, S. Sos, selaku komandan latihan menjelaskan, UTP dilakukan untuk mendukung pelaksanaan tugas satuan serta profesionalisme prajurit dalam mengemban jabatannya. “Peserta akan menjawab pertanyaan dari penguji sesuai dengan jabatan masing-masing,” katanya. Wahyu menjelaskan, “UTP diikuti oleh prajurit dengan jabatan Bintara Intel, Bintara pembina desa (Babinsa), Bintara tinggi urusan dalam (Bati Tuud), Bati penghubung Koramil, Bati bakti TNI Koramil, Bati komsos Koramil dan Bati wanwil” jelas Wahyu.

Sumber Pendim 0502/JU

RN/muhamad munggah/red

Pos terkait