Peduli Anak Stunting, Babinsa Ancol Berikan Bantuan

refubliknews.com,
Kodam Jaya, Jakarta Utara. Stunting adalah gangguan pertumbuhan di mana anak tidak tumbuh tinggi seperti anak usianya atau disebut juga dengan kerdil akibat kekurangan gizi dalam jangka waktu panjang. Adapun tandanya anak memiliki tubuh kurus (wasting) atau perkembangan tubuhnya tidak sesuai dengan normal pada usianya.

Melihat hal itu, Babinsa Kelurahan Ancol Koramil 02/Penjaringan Serka Harto bersama Kasi Kesra Ibu Nining mendatangi salah satu warganya yang di indikasikan balita stunting guna memberikan bantuan di Kp. Bandan RT 02 RW 02 Kel. Ancol Kec. Pademangan, Rabu (1/2/2023).

Ditempat terpisah Dandim 0502/JU Kolonel Inf Frega Wenas Inkiriwang,P,hD FHEA melalui Danramil 02/Penjaringan Mayor Kav Wahyuansyah .NH, S. Sos menjelaskan,
cara terbaik yang perlu dilakukan untuk mencegah stunting dimulai sejak calon ibu sebelum menikah harus memahami dan mendapatkan pengetahuan tentang perencanaan kehamilan, setelah menikah bayi dalam kandungan janin perlu diberikan asupan gizi yang baik dan seimbang serta memperhatikan pemeriksaan kesehatan ibu selama masa kehamilan untuk memastikan berat badan ibu sesuai dengan usia kehamilan.

“Karena stunting ini selain pertumbuhan terhambat, stunting juga berkaitan dengan perkembangan otak yang tidak maksimal, yang bisa menyebabkan akademis yang kurang,” imbuh Wahyu.

Lebih lanjut menurut Danramil, kegiatan Babinsa dalam memberikan bantuan untuk anak penderita stunting merupakan bagian dr program Kodim 0502/JU dalam upaya membantu Masyarakat bebas dari gizi buruk.

Sumber Pendim 0502/JU

RN/antoni/red

Pos terkait