Giliran Kelurahan Pegangsaan Dua Jadi Lokasi Program Sedekah Darah Dari Sahabat PMI Jakarta Utara

refubliknews.com,
Jakarta Utara,-

-Refublik News com . Giliran Kelurahan Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, Jadi Lokasi Program Sedekah Darah dari Sahabat PMI Jakarta Utara terkait Touring Program Sedekah Darah ke Kelurahan-Kelurahan Se-Jakarta Utara.

Touring ke 4 kali ini berkolaborasi dengan Kelurahan Pegangsaan Dua dan PMI Kecamatan Kelapa Gading dalam rangka Touring Program Sedekah Darah ke Kelurahan-Kelurahan Se-Jakarta Utara, Kelurahan Pegangsaan Dua, Kecamatan Kelapa Gading, Jakarta Utara, Kamis, 17/11/2022.

Suroto yang didampingi wakilnya, Cepi menyampaikan terima kasihnya kepada Lurah  Pegangsaan Dua, Vera Putri Fitria,  dan Ketua PMI Kecamatan Kelapa Gading, Rahmat Syaputra atas dukungannya sehingga kegiatan Sedekah Darah hari ini bisa terlaksana dengan baik dan lancar.

Selanjutnya bang Roto, sapaan akrab ketua SPMI Jakarta Utara ini mengajak masyarakat khususnya yang belum pernah donor, agar tergerak hatinya berpartisipasi dalam aksi kemanusiaan ini.

“Kalau belum dicoba, masih ada rasa takut, tapi kalau sudah tahu bagaimana rasa dan efeknya setelah berdonor, Insya Allah akan ketagihan, karena pengalaman orang-orang yang sudah donor darah itu, badan jadi enteng dan tambah sehat,” kata bang Roto.

“Saya sebenarnya mau donor awalnya takut-takut ya, pas udah ngerasain, udah donor, badan itu enak,  enteng, enteng pokoknya, pokoknya enaklah, bagus juga kan tuk pergantian (darah,red.), pergantian darah yang lama, ya katanya pergantian darah yang baru,” kata Yati  bergolongan darah A+, warga RT.002 RW.01, pegangsaan dua, yang sudah berdonor sebanyakDi 3 kali ini.

Lebih lanjut Yati yang juga pengelola RPTRA H.Oyar, pegangsaan dua ini, menyarankan masyarakat yang belum pernah donor.
“Harus merasakan gitu lho,  jangan takut, jadi memang harus tahu juga kan, jadi dia juga harus ada himbauan, ada yang mengasih tahu juga ya,”tutur Yati yang menilai kegiatan donor ini baik.

Lain lagi Usman yang sudah sering dan tak terhitung katanya sudah berapa kali berdonor, menilai, giat ini cukup baik, ada timbal baliknya.
“Cukup baik ya, timbal baliknya ada, misalnya dapat makanan,” ujarnya.

Sementara Mujiran warga RT.007, RW.03 ini mengaku sudah 12 kali berdonor dan bersyukur bisa berbagi.
“Alhamdulillah, bisa sumbangsih untuk keluarga yang lain, untuk kebutuhan masyarakat lain,”ucapnya.

Kepala Markas PMI Jakarta Utara, Nurhasanudin, mengapresiasi giat Sahabat PMI Jakarta Utara ini,
“Kami berterima kasih kepada Sahabat PMI yang konsisten melakukan kegiatan ini, dan memang ini akan direncanakan, road show ke seluruh kelurahan se – Jakarta Utara,” kata Nurhasanudin yang akrab disuang butuh 1300 sampai 1400 kantong per hari.

Makanya, masih kata Acang, kegiatan ini,  gencar kita  kampanyekan dan Alhamdulillah, Sahabat PMI (Jakarta Utara,red.), salah satu komunitas yang menangkap pesan ini, sehingga mereka konsisten melaksanakan sampai hari ini di kegiatan  yang ke 4.

“Mudah-mudahan tahun depan, mereka bisa melaksanakan sampai merata seluruh kelurahan di Jakarta Utara,”tutup Acan.

“Butuh support dari semua pihak, semua stake holder, dalam bahu membahu melaksanakan kegiatan donor darah untuk kepentingan masyarakat Jakarta khususnya,” beber wakil camat Kecamatan Kelapa Gading, Rahmat Syaputra, sekaligus ketua PMI Kecamatan Kelapa Gading. Pakpahan RT ini, warga Papanggo, Tanjung Priok, bersyukur karena baru kali ini berhasil donor lantaran salalu ditolak karena HB nya rendah.
“Alhamdulillah hari ini berhasil meskipun kurang tidur juga,”ungkap Suwarno yang juga anggota dari Sahabt PMI Jakarta Utara.

Saya, sambung Suwarno, acungin jempol untuk Sahabat PMI yang didukung ketua PMI Jakarta Utara, bang Rijal, ketua Sahabat PMI, bang Roto, wakil ketua bang Cepi dan teman-teman, saya salut dengan kerja teman-teman semua.

Tour program sedekah darah ke kelurahan- kelurahan se-Jakarta Utara ini, dikatakan Wakil ketua SPMI, Cepi hari ini agak khusus,tidak seperti biasanya, karena bekerjasama tidak hanya dengan kelurahan Pegangsaan Dua tapi juga dengan ketua PMI Kecamatan Kelapa Gading.

“Alhamdulillah, support dari birokrasi, pemerintah daerah, dalam hal ini, Lurah, Camat, Walikota, Asisten pemerintah kota, itu sangat besar, mengingat kegiatan ini membantu mereka dalam mengatasi masalah DKI Jakarta dalam penanganan kekurangan darah,” pungkas Cepi.

RN/antoni/red

Pos terkait

Tinggalkan Balasan